JANGAN HILANGKAN KETERWAKILAN WARTAWAN DI KPID KALTENG

oleh -
oleh
JANGAN HILANGKAN KETERWAKILAN WARTAWAN DI KPID KALTENG 1
Ririen Binti

Oleh : Ririen Binti

Sebagai Jurnalis yang sudah 20 tahun lebih bekerja di salah satu media Elektronik Nasional, saya kaget , sedih , kecewa dan heran , ketika mendapat informasi dari sumber yang sangat layak dipercaya akan kebenarannya, diduga karena kuatnya “intervensi “ kemungkinan besar, di jajaran Komisi Penyiaran Indonesia Daerah , (KPID) Provinsi kalteng Tahun 2021- 2024, tidak ada perwakilan JURNALIS , yakni orang yang benar benar hidup di dalam dunia ke Wartawanan.

Para Anggota DPRD Kalteng yang terhormat , khususnya dari komisi satu , makna dari PENYIARAN adalah pendistribusian muatan audio atau video kepada pemirsa, yang tentunya dilakukan oleh Wartawan, atau juga pekerja media, jadi sangat lucu, dan apa kata dunia, ketika di KPID Kalteng, yang mengurusi Penyiaran, tidak ada keterwakilan Wartawan, atau pekerja media yang memahami kehidupan dunia Penyiaran.

Kalau ini benar benar terjadi, maka “kiamat kecil“ di KPID Kalteng, mengutif kata kata bijak, “ Serahkan urusan pada ahlinya, atau serahkan jabatan pada yang mampu dan berkompoten , karena jika menyerahkan urusan , atau tugas , bukan pada ahlinya . maka tunggulah kehancuran atau kekacauan“.

Karena anggota DPR RI sangat memahami beratnya tugas dan tanggung jawab anggota Komisi Penyiaran Indonesia (KPI), maka saat mereka memilih siapa saja yang duduk di Lembaga tersebut, mereka tetap menempatkan, atau memilih beberapa orang yang mempunyai latar belakang kehidupan di dunia jurnalis , seperti Irsan Ambia, sejak tahun 2000, meniti karir di berbagai radio, hingga televisi, dan Mohamad Reza, juga pernah menjadi wartawan di radio, dan pernah menjadi pemimpin redaksi.

Sebagaimana amanah Undang- Undang RI Nomor 32 Tahun 2002 Tentang penyiaran, pada pasal 10, poin 2, menyatakan, anggota KPID dipilih oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah , atas usul masyarakat melalui uji kepatutan dan kelayakan secara terbuka

BACA JUGA :  PEMISKINAN MILIARDER RUSIA HARUS SERIUS DIKERJAKAN

Melalui tulisan ini saya memohon, kepada Anggota DPRD Kalteng untuk mengikuti langkah–langkah dari DPR RI, yang tetap dan selalu menempatkan perwakilan Jurnalis.

Sebelum membuat tulisan ini , saya berkomunikasi dengan Ketua PWI KalTeng, Haris Sadikin dan Ketua IJTI Kalteng, Tantawi Jauhari , mereka berdua yang menaungi 4 ratusan wartawan , berharap di komposisi KPID KalTeng, ada perwakilan Wartawan , karena selama ini , sejak berdirinya KPID Kalteng, selalu ada perwakilan Wartawan , karena keberadaan mereka sangat membantu kinerja KPID Kalteng.

Secara pribadi, saya mengharapkan Anggota DPRD yang memakili rakyat ( saya ), berpihak pada kepentingan rakyat, dengan cara menempatkan perwakilan Wartawan di KPID Kalteng, yang saya tahu, setidaknya ada 2 Wartawan yang sangat berkompoten untuk duduk di KPID Kalteng , selain sudah puluhan tahun berkecimpung di dunia Pers , keberadaan mereka juga diakui oleh Dewan Pers, satu sebagai Ahli Pers Dewan Pers, pernah jadi pemimpin redaksi yang satu Penguji Uji Kompetisi Wartawan yang diangkat Dewan Pers. Dan sampai saat ini , satu orang dari mereka menjabat Direktur Radio , yang sangat berkaitan langsung dengan tugas KPID.

Sekali lagi , saya memohon kepada para Anggota DPRD yang terhormat , jangan hilangkan keberadaan perwakilan wartawan di KPID kalteng, sebagaimana 3 periode sebelumnya. Dan saya juga sangat menghargai keberadaan teman teman yang di luar jurnalis, yang digandang gadangkan duduk di KPID kalteng, tentu mereka juga mempunyai Kompetensi, dan bisa bekerja sama dengan perwakilan Wartawan yang memahami peraturan undang undang yang berlaku, serta terkait dengan kode etik , dan norma norma, baik itu norma agama maupun sosial terkait penyiaran

Semoga tulisan ini bisa menjadi salah satu pertimbangan , untuk mengambil keputusan yang berpihak kepada rakyat terkait nama nama yang akan duduk di KPID KalTeng periode Tahun 2021 – 2024. (Penulis adalah Jurnalis Televisi di KalTeng)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.