BPBD BARSEL IMBAU MASYARAKAT TIDAK BAKAR LAHAN

oleh -
oleh
BPBD BARSEL IMBAU MASYARAKAT TIDAK BAKAR LAHAN 1

Buntok, 25/2/2020 (Dayak News). Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Barito Selatan (Barsel) mengimbau masyarakat setempat untuk tidak membakar lahan mengingat cuaca panas dan hujan tidak menentu selama satu bulan terakhir.

“Meskipun panas Hujan dalam sebulan in tidak menentu di Barsel. Teriknya sinar matahari mengingatkan masyarakat Barsel untuk selalu waspada terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang dapat mengakibatkan kabut asap dan kerugian lainnya,” kata Kepala BPBD Barsel Alip Suraya saat dibincang DayakNews.com Selasa (25/2/2020).

Untuk mencegah dan terjadi bencana kabut asap, pihaknya mengimbau kepada masyarakat Barsel, baik secara langsung maupun tidak langsung berkenaan dengan kegiatan perkebunan, pertanian atau pun pribadi serta rumah tangga khususnya yang berada di kawasan hutan, dilarang untuk membersihkan lahan atau membuka lahan dengan cara dibakar.

Menurut dia, meskipun saat ini belum musim kemarau, namun karena ada tangan tangan jahil yang sengaja membakar lahan, maka dalam dua hari berturut-turut telah terjadi kebakaran hutan dan lahan di Barsel, dimana salah satu pelaku pembakarannya telah diamankan oleh pihak kepolisian.

“Jangan sampai niat ingin bertani atau berkebun untuk menafkahi keluarga, malah jadi sengsara akibat berurusan dengan pihak berwajib karena kedapatan membakar lahan dan hutan,” ujarnya.

Masih dikatakan Alip Suraya, apabila sudah terjadi karhutla maka selain berhadapan dengan hukum juga akan berdampak yang tidak baik terhadap kesehatan.

“Kebakaran Hutan dana Lahan serta Kabut asap akan memberikan kerugian di bidang kesehatan, pendidikan dan ekonomi,” tandasnya.(Ren)

BACA JUGA :  TEMPAT IBADAH JADI CONTOH PENERAPAN PROKES DARI PENYEBARAN COVID-19

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.