BPBD BARSEL TETAP SIAGA WALAUPUN TITIK API DI BARSEL MASIH RENDAH

oleh -
oleh
BPBD BARSEL TETAP SIAGA WALAUPUN TITIK API DI BARSEL MASIH RENDAH 1

Buntok,6/7/2020 (DayakNews) Terpantau di Barito Selatan (Barsel) sebanyak 28 hotspot, namun masih konfiden atau titik panasnya rendah dibawah 60. Demikian disampaikan Kepala Pelaksana BPBD Barsel.

“Titik panas tersebut masih konfidennya rendah dibawah 60, artinya bukan kebakaran hutan dan lahan melaimkan akibat pantulan cahaya matahari, apabila panas lebih dari 60 hingga 100 itu baru ada kebakaran, “kata Kepala BPDB Barsel Alip Suraya, kepada DayakNews, Senin (6/7/2020).

Masih dikatakan Alip Suraya meskipun demikian pihaknya akan terus tetap waspada dan telah melakukan sejumlah persiapan-persiapan dalam menghadapi karhutla, termasuk menetapkan status siaga bencana yang rencananya akan ditetapkan pada minggu depan.

Ia mengatakan, penetapan status siaga bencana tersebut mengingat berdasarkan prediksi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) pada akhir Juli hingga September 2020 mendatang di wilayah Barito Selatan diperkirakan akan terjadi kemarau.

“Pihaknya nantinya akan menjalin kerjasama dengan Polres Barsel, Kodim 1012 Buntok, Dinas Lingkungan Hidup (DLH), BMKG, Tagana, Manggala Agni, dan pemadam kebakaran untuk merapatkan barisan untuk memantapkan koordinasi, “jelas Kepala Dinas BPBD Barsel.

BPBD Barito Selatan juga akan melakukan koordinasi dengan Masyarakat Peduli Api (MPA) yang ada disejumlah desa terutama di daerah rawan terjadi karhutla, dan diharapkan kepada MPA berperan aktif menjaga desanya untuk mencegah dan menanggulangi bencana karhutla di desanya masing-masing.

“Kita juga berharap kepada MPA agar bisa menyampaikan informasi kepada kita terkait dimana ada titik api, dan untuk operasionalnya bisa menggunakan Dana Desa (DD) sebagaimana seperti harapan Bupati, “pungkasnya. (Ren/Den).

BACA JUGA :  BUPATI BARSEL AKAN TINDAK TEGAS ASN, TENAGA HONORER DAN KADES YANG NARKOBA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.