Dewan Ajak Masyarakat Jaga dan Lindungi Satwa Langka

oleh -
Dewan Ajak Masyarakat Jaga dan Lindungi Satwa Langka 1

Buntok (Dayak News) – Tri Wahyuni anggota DPRD Barsel mengajak masyarakat untuk dapat bersama-sama menjaga dan melindungi satwa langka yang ada di wilayah setempat.

Politisi PDIP itu mengungkapkan, terdapat banyak satwa langka yang tersebar di wilayah barsel ini misalnya tenggiling, orang utan, monyet bakantan, beruang madu, owa-owa, burung enggang dan lain sebagainya.

“Satwa langka wajib dijaga dan di lindungi agar keberadaannya tidak punah. Jangan sampai diburu secara liar serta disengaja untuk kepentingan pribadi,” katanya, Senin (22/3/2024).

Ia mengatakan, satwa langka sangat penting dijaga dan dilindungi. Sebab, keberadaan satwa itu dibutuhkan alam untuk keseimbangan ekosistem, ada baiknya satwa yang ada tersebut dilestarikan agar keanekaragaman hayati tetap terjaga.

“Apabila keberadaan satwa ini mengalami kelangkaan bahkan punah, maka itu dapat mengakibatkan ragam jenisnya berkurang. Oleh karenanya penting bagi kita menjaga, melindungi serta melestarikannya,” ucapnya.

Tri Wahyuni mengingatkan, ketika masyarakat menemukan atau menjumpai satwa yang tergolong langka ada baiknya melapor atau diserahkan kepada Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA), atau perwakilan di Barsel.

“Jangan sampai ketika mendapatkan satwa langka dipelihara sendiri atau dijual, sebaiknya laporkan atau serahkan kepada BKSDA, sehingga nanti bisa dirawat dan dilepaskan liarkan kembali ke habitatnya,” pungkasnya.(ren)

Simak berita dan artikel lainnya di Google News

BACA JUGA :  Penggunaan Anggaran Cenderung Tidak Sesuai Program Prioritas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.