MANFAATKAN LAHAN UNTUK KETAHANAN PANGAN

oleh -6 views
MANFAATKAN LAHAN UNTUK KETAHANAN PANGAN 1

Buntok, 11/8/2020 (DayakNews). Wakil ketua DPRD Kabupaten Barito Selatan (Barsel) Hj. Enung Irawati, mengajak kepada seluruh masyarakat, untuk memanfaatkan lahan pekarangan atau lahan tidur, guna menjaga ketahanan pangan disaat pandemi covid-19.

“Pemanfaatan lahan tidur merupakan salah satu solusi, sumber pangan bagi keluarga. Juga mengantisipasi jika sewaktu-waktu terjadi krisis pangan ,ditengah pandemi Covid-19 saat ini,” kata Enung kepada DayakNews, Selasa (11/8/2020).

Ia mengimbaui, kepada masyarakat agar jangan hanya berdiam diri di rumah saja, dan berharap bantuan langsung tunai (BLT), serta sembako dari pemerintah.

“Namun masyarakat harus aktif, dimana ada yang memiliki lahan pekarangan maupun kebun di daerah tersebut, jangan dibiarkan terlantar. Kalau bisa harus diolah untuk ditanami jagung, umbi-umbian, pisang, cabai, tomat, sayuran dan lainnya,”sarannya.

Ia menambahkan, terkait Covid-19 ini apabila berkepanjangan, akan dikhawatirkan tidak ada lagi bantuan, baik itu bantuan sembako maupun BLT.
Berdasarkan hal itu, pemerintah daerah melalui SOPD terkait dapat memfasilitasi masyarakat yang ingin menggunakan peralatan pertanian milik Dinas secara gratis.

“Sehingga mereka bisa mengolah lahan secara maksimal. Dengan harapan dalam waktu 2-3 bulan kedepan, kita sudah mempunyai stok pangan ketika terjadi gejolak rawan pangan di daerah ini,” pungkasnya. (Ren/Den).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *