PERCEPATAN PENATAAN KEWENANGAN DESA DAPAT MENJADIKAN DESA BERDAULAT

oleh -11 views
PERCEPATAN PENATAAN KEWENANGAN DESA DAPAT MENJADIKAN DESA BERDAULAT 1

Buntok, 1/3/2020 (Dayak News). Percepatan penataan kewenangan desa dapat menjadikan desa berdaulat, mandiri dan berkepribadian dan desa bebas mengeluarkan dan menjalankan aturan main (regulasi) tentang apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan sehingga mengikat kepada pihak-pihak yang berkepentingan dan menjalankan aturan tersebut.

Agar hal tersebut bisa dilaksanakan maka Pemerintah daerah Kabupaten Barito Selatan (Barsel) melalui DSPMD mengelar Bimbingan Teknis (Bimtek) tentang kewenangan Desa berskala lokal yang akan dilaksanakan di Jakarta pada tanggal 02 – 05 Maret 2020.

“Dalam kegiatan yang dipandu oleh pihak kementerian Desa, melibatkan 260 yang terdiri dari, kepala Desa, Ketua BPD dan sekretaris Desa,” Kata PLT Kepala DSPMD Barsel Akhmad Haitami yang didampingi Kabid Administrasi Pimdes dan Kelembagaan Samsul Bahri kepada DayakNews.com Minggu (1/3/2020).

Ia menjelaskan, kegiatan yang dilaksanakan tersebut, di fasilitasi langsung dari Kementerian Dalam Negeri dirjen Administrasi Penataan desa dengan narasumber Dirjen Pemerintah Desa dan Dirjen Keuangan Desa dan beberapa narasumber lainya.

“Tujuan kita melakukan kegiatan ini, tidak lain agar desa yang selama ini belum punya kewenangan, dengan di fasilitasinya ini, akan terciptanya peraturan desa tentang kewenangan, sehingga desa yang selama ini tidak berdaya bisa lebih kuat dalam melaksanakan kegiatan pembangunan di Desa,” tandasnya. (Ren)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *