PJ BUPATI BARSEL BUKA SECARA RESMI PELATIHAN SISKEUDES

oleh -
oleh
PJ BUPATI BARSEL BUKA SECARA RESMI PELATIHAN SISKEUDES 1
Pj Bupati Barito Selatan Lisda Arriyana secara resmi membuka bimbingan teknis tata kelola keuangan desa berbasis aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes), acara bertepatan di Hotel Afiat Jaya Buntok, Senin (27/2/2023).

Buntok (Dayak News) – Pj Bupati Barito Selatan Lisda Arriyana secara resmi membuka bimbingan teknis tata kelola keuangan desa berbasis aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes), acara bertepatan di Hotel Afiat Jaya Buntok, Senin (27/2/2023).

Pengelolaan keuangan Desa telah diatur dalam UU Nomor 6 Tahun 2014 serta dalam Permendagri Nomor 113 Tahun 2014 tentang pedoman Pengelolaan Keuangan Desa.

“Dalam pengelolaan keuangan desa harus dikelola berdasarkan asas transparan, akuntabel, pastisipatif, serta dilakukan dengan tertib dan disiplin anggaran. Hal ini betujuan untuk memajukan serta memakmurkan desa. untuk dapat mewujudkan tujuan tersebut maka Desa harus memiliki Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul, “kata Pj Bupati Barsel Lisda Arriyana.

Masih dikatakan Lisda Arriyana dalam hal mengoperasikan sebuah teknologi komputer serta harus bisa mengoperasikan aplikasi yang dibuat khusus untuk membantu pengelolaan keuangan desa.

Sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 20 Tahun 2018 tentang Pengelolaan Keuangan Desa, yang sebelumnya diatur dalam permendagri nomor 113 Tahun 2014. Maka salah satu bentuk perubahan yang terjadi adalah dengan menciptakan aplikasi Sistem Keuangan Desa atau yang disebut dengan Aplikasi Siskeudes

“Aplikasi ini dikembangkan oleh Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan atau BPKP bersama Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri, yaitu dalam upaya meningkatkan kualitas serta memudahkan dalam pengelolaan keuangan desa, “ucap Pj Bupati Barsel.

Dijelaskan semua fitur didalam aplikasi SISKEUDES ini dibuat dengan sesederhana mungkin, sehingga dapat memudahakan dalam penggunaannya.

Dengan melalui proses penginputan sekali yang sesuai dengan bentuk transaksi yang tersedia dapat menghasilkan output berupa dokumen penatausahaan serta laporan yang sesuai dengan ketentuan perundang-undangan, yang terdiri dari dokumen penatausahaan, bukti penerimaan, Surat Permintaan Pembayaran atau SPP, Surat Setoran Pajak atau SSP, laporan penganggaran, yang meliputi APBDes, RAB dan APBDes persumber dana serta dokumen-dokumen lainnya.

BACA JUGA :  BUPATI BARSEL BUKA FORUM GABUNGAN PERANGKAT DAERAH

Dengan adanya perkembangan dan kemajuan terhadap teknologi seperti saat ini diharapkan bisa memudahkan dalam proses pengadministrasian keuangan khususnya bagi pemerintah desa. Dan untuk meningkatkan pengetahuan, kemampuan serta pemahaman terhadap aplikasi Siskeudes.

“Diharapkan kepada perangkat desa khususnya operator Siskeudes dan kaur keuangan atau bendahara desa, untuk bisa mengikuti bimbingan atau pelatihan mengenai Tata Kelola Keuangan Desa berbasis Aplikasi Siskeudes,”jelasnya.

Ditambahkan pelatihan pengelolaan keuangan desa berbasis Aplikasi Siskeudes ini tidak hanya diberikan dalam bentuk teori saja, tetapi langsung praktek tentang bagaimana cara menggunakan aplikasi ini dengan baik dan benar. Semua bertujuan agar saat setelah pelatihan selesai semua peserta bisa lebih memahami dan bisa mengaplikasikannya langsung di desanya masing-masing.

“Semoga setelah mengikuti kegiatan ini dapat meningkatkan pemahaman para perangkat desa di Kabupaten Barsel khususnya operator Aplikasi Siskeudes mengenai perencanaan, penganggaran, penatausahaan, dan pelaporan keuangan Desa menggunakan Aplikasi Siskeudes,”pungkasnya.(ren)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.