Pj. Bupati Barsel Sebut Nanas Parigi Ikon Barsel dan Sudah Terdaftar di Kementerian Pertanian

oleh -
oleh
Pj. Bupati Barsel Sebut Nanas Parigi Ikon Barsel dan Sudah Terdaftar di Kementerian Pertanian 1
Pj. Bupati Barsel H. Deddy Winarwan.

Buntok (Dayak News) – Nenas parigi yang merupakan salah satu komoditi unggulan dan akan menjadi ciri khas Kabupaten Barito Selatan (Barsel). Pj. Bupati Barsel H. Deddy Winarwan mengungkapkan, nanas parigi ini akan menjadi ikon Barsel. Saat ini sudah terdaftar di Kementerian Pertanian.

“Hal tersebut diinstruksikan oleh Menteri Dalam Negeri, bahwa setiap kabupaten harus memiliki dua kegiatan unggulan yang bisa menjadi ciri khas daerah tersebut,” katanya, Kamis (13/6/2024).

Dia mengatakan, pemkab akan terus mengembangkan tanaman nenas parigi ini dengan melakukan pembudidayaan agar komoditas ini agar dapat dikenal masyarakat luas.

Saat ini, pihaknya melalui Dinas Perkebunan melakukan penanaman nanas secara massal, terutama di wilayah kecamatan Dusun Selatan dan Dusun Utara yang merupakan tempat asal tumbuhnya tanaman hortikultura tersebut.

“Pada tahun-tahun sebelumnya, Pemkab Barsel menargetkan lahan untuk perkebunan nanas parigi nya seluas 500 hektar. Sejak tahu 2019 lalu, pemkab Barsel telah membuka 1000 hektar,” terangnya.

Deddy juga mengatakan, ia sudah menginstruksikan kepada dinas terkait untuk mengembangkannya dengan menyikapi lahan maupun bibitnya. Dan diyakini program ini akan berjalan sesuai harapan, setiap tahunnya.

“Kepada masyarakat yang ingin mengembangkannya, silahkan ambil bibit ke dinas terkait karena disediakan secara gratis,”pungkasnya.(ren)

BACA JUGA :  PJ BUPATI BARSEL PERINGATI HARI IBU KE 94

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.