28 CALHAJ BARITO TIMUR JALANI RIKKES TAHAP II

oleh -
oleh
28 CALHAJ BARITO TIMUR JALANI RIKKES TAHAP II 1

Tamiang Layang (Dayak News) – Dalam rangka memastikan Kesehatan para Calon Jemaah Haji (Calhaj) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Barito Timur bekerjasama dengan Dinas Kesehatan setempat pada tahun 1443H/2022M telah selesai jalani pemeriksaan kesehatan tahap II bagi 28 Orang Calon Jemaah Haji (Calhaj).

“28 Orang Calon Jemaah Haji ini pemeriksaan kesehatan jemaah haji ini dilaksanakan selama 2 (dua) hari yaitu, hari pertama bertempat di RSUD Tamiang Layang, dan hari kedua di Aula Kantor Kemenag Kabupaten Barito Timur,” kata Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Barito Timur, H Abdul Majid Rahimi melalui Penyelenggara Haji dan Umrah, Ahmad Janawi, di Tamiang Layang, Jumat (13/5/2022)

Ia mengatakan 28 orang yang menjalani pemerikasaan Kesehatan tahap II ini terdiri dari 26 orang Calon Jemaah Haji dan 2 orang merupakan cadangan, katanya

Ditambahkan dia, setelah pemeriksaan kesehatan ini, jemaah haji akan mengikuti kegiatan bimbingan manasik haji yang rencananya akan dilaksanakan selama 6 (enam) hari pada tanggal 30 Mei sampai 4 Juni 2022 mendatang, imbuhnya.

Selaku penyelenggara pihaknya sangat berharap para Jamaah Haji ini dapat menjaga kesehatan sampai keberangkatan dan kembali ke tanah air, ucapnya.

Sementara itu, Sub Koordinator P2PTM dan KESWA Dinas Kesehatan Bartim, Siti Handayani, menjelaskan di hari pertama jemaah haji menjalani pemeriksaan EKG dan Rontgen Thorax, kemudian pemeriksan kesehatan hari kedua meliputi pemeriksaan riwayat penyakit, pemeriksaa fisik, kejiwaan, dan pemeriksaan penunjang yaitu, pemeriksaan laboratorium (darah lengkap, urin lengkap, kimia klinik, test kehamilan) serta penetapan diagnosis.

Pada kesempatan itu, Handayani juga mengatakan, pemeriksaan kesehatan ini adalah agenda wajib bagi jemaah haji yang akan berangkat menunaikan ibadah haji, hal ini merupakan rangkaian pembinaan kesehatan agar tercapai Istithaah Kesehatan Jemaah Haji, pungkasnya. (ani)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.