CEGAH KASUS STUNTING, TP-PKK GENCARKAN SOSIALISASI

oleh -
oleh
CEGAH KASUS STUNTING, TP-PKK GENCARKAN SOSIALISASI 1
Sosialisasi pencegahan dan penanggulangan bahaya stunting pada ibu hamil, bayi dan balita yang dipimpin langsung oleh Ketua TP-PKK Kabupaten Barito Timur Ny.Munita Mustika Dewi Ampera AY Mebas.

Tamiang Layang (Dayak News) – Dalam rangka mencegah dan menanggulangi bahaya stunting di Kabupaten Barito Timur Provinsi Kalimantan Tengah, Tim Penggerak Pemberdayaan Keluarga Sejahtera (TP-PKK) Kabupaten Barito Timur semakin mengencarkan sosialisasi pencegahan dan penanggulangan bahaya stunting pada ibu hamil, bayi dan balita.

Kali ini kegiatan sosialisasi pencegahan dan penanggulangan bahaya stunting pada ibu hamil, bayi dan balita yang dipimpin langsung oleh Ketua TP-PKK Kabupaten Barito Timur Ny.Munita Mustika Dewi Ampera AY Mebas ini, dilaksanakan di Desa Kandris Kecamatan Benua Lima, Senin (27/02/2023).

CEGAH KASUS STUNTING, TP-PKK GENCARKAN SOSIALISASI 2

Hadir dalam kegiatan tersebut Camat Benua Lima Beweni, Kepala Desa Kandris Ridwan dan jajarannya, Ketua KUA Kecamatan Benua Lima, Pimpinan Puskesmas Panasr Panas, Pengurus TP PKK Kab.Barito Timur, orang tua anak-anak bayi dan balita, serta pengurus Posyandu Desa Kandris.

Ketua TP-PKK Kabupaten Barito Timur Ny.Munita Mustika Dewi Ampera AY Mebas dalam sambutanya mengatakan, kegiatan pencegahan dan penanggulangan stunting ini adalah program pemerintah pusat yang harus dilaksanakan oleh daerah termasuk Kabupaten Barito Timur.

CEGAH KASUS STUNTING, TP-PKK GENCARKAN SOSIALISASI 3

“Untuk mendukung perogram pencegahan dan penanggulangan stunting di Kabupaten Barito Timur, TP-PKK Kabupaten Barito Timur melaksanakan sosialisasi pencegahan dan penanggulangan bahaya stunting pada ibu hamil, bayi dan balita. Hari ini (kemarin,red) dilaksnakan di Desa Kandris Kecamatan Benua Lima,” jelasnya.

Lebih jauh Anggota DPRD Kabupaten Barito Timur ini mengatakan sasaran program pencegahan dan penanggulangan bahaya stunting ini adalah ibu hamil, bayi dan balita. “Sasarannya program ini adalah ibu hamil, bayi dan balita serta siapa saja, baik kaya, miskin, rakyat biasa, di kampung maupun di kota,” imbuhnya

Pada kesempatan itu Ketua TP-PKK Kabupaten Barito Timur Ny.Munita Mustika Dewi Ampera AY Mebas juga menjelaskan kepada peserta sosialisasi di Desa Kandris tentang arti dari stunting, Pengertian stunting adalah gangguan pertumbuhan dan perkembangan anak akibat kekurangan gizi kronis dan infeksi berulang, yang ditandai dengan panjang atau tinggi badan yang berada di bawah standar atau dengan kata lain ukuran tubuh menjadi pendek/tidak normal. Jadi kalau orang stunting itu pasti pendek tapi orang pendek belum tentu stunting, ucapnya

Karena itu, Ny.Munita Mustika Dewi Ampera AY Mebas mengatakan, sasaran utama dalam pencegahan dan penanggulangan stuting adalah ibu hamil. Mengapa? Menurut Ny.Munita Mustika Dewi Ampera AY Mebas, 1000 hari pertama pertumbuhan manusia ditentukan mulai dari ibu hamil sampai dengan bayi lahir, selanjutnya pertumbuhan bayi sampai balita, pungkasnya. (ani)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.