DISKANAK BARITO TIMUR MONEV PERKEMBANGAN TERNAK AYAM PETELUR

oleh -
DISKANAK BARITO TIMUR MONEV PERKEMBANGAN TERNAK AYAM PETELUR 1

Tamiang Layang (Dayak News) – Dalam rangka mengetahui perkembangan bibit ayam petelur bantuan Pemerintah Kabupaten Barito Timur kepada peternak, Dinas Perikanan dan Perternakan (Diskanak) setempat melaksanakan monitoring dan evaluasi (monev) di Desa Betang Nalong Kecamatan Patengkep Tutui.

“Pada tanggal 11 November 2021 yang lalu telah diserahkan sebanyak 200 ekor bibit ayam petelur kepada Kelompok Ternak Betang Jaya Desa Betang Nalong Kecamatan Patangkep Tutui, dan untuk memastikan peternakan itu berhasil, maka kami melakukan monev secara berkala,” Kepala Dinas Perikanan dan Perternakan Kabupaten Barito Timur Mishael di Tamiang Layang, Senin (20/12/2021).

Ia mengatakan dalam prosesnya sebelum bibit ayam petelur diserahkan ke peternak, terlebih dahulu pihaknya mendistribusikan pakan ayamnya ke peternak. “Pendistribusian pakan sebanyak 2 tahap, tahap 1 sebanyak 200 kg pakan jenis layer grower dan tahap 2 sebanyak 400 kg pakan jenis layer, katanya.

DISKANAK BARITO TIMUR MONEV PERKEMBANGAN TERNAK AYAM PETELUR 2

Ditambahkan dia, pakan diserahkan ke kelompok penerima bantuan dua hari sebelum bibit ayam petelur diserahkan, kemudian pakan disalurkan barulah dua hari kemudian giliran bibit ayam petelur disalurkan. “Ayam petelur yang diserahkan ke masyarakat berumur minimal 16 minggu dan berat badan minimal 1,34 kg,” imbuhnya.

Dikatakan dia, dari hasil monev yang dilaksankan ke Kelompok Peternak Betang Jaya diketahui hasil produksi telur ayam sudah mencapai 200 butir perhari, yang berarti bahwa produksi telur adalah 100 persen, sedangkan hasil produksi telur kelompok penerima bantuan lainnya di Kabupaten Barito Timur, produksinya bervariasi antara 20 persen sampai 60 persen, ucapnya.

Pada kesempatan itu Kepala Dinas Perikanan dan Perternakan Kabupaten Barito Timur ini berharap agar peternak selalu rajin memelihara ayamnya agar ayam selalu sehat sehingga tingkat produksi telur bisa stabil, pungkasnya. (ani)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.