KINI, RSUD TAMIANG LAYANG MILIKI ALAT PCR

oleh -
oleh
KINI, RSUD TAMIANG LAYANG MILIKI ALAT PCR 1
Direktur Badan Layanan Usaha Daerah (BLUD) RSUD Tamiang Layang, dr. Vinny Safari

Tamiang Layang (Dayak News)– Kabar baik, kini Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tamiang Layang, telah memiliki mesin Polymerase Chain Reaction (PCR), atau alat untuk mendiagnosa Covid – 19 dan rencananya akan di uji fungsi dalam waktu dekat.

“Betul, kita baru kedatangan alat satu set mesin PCR namun masih menunggu untuk sepenuhnya bisa dipergunakan, dan Rumah sakit sedang mengupayakan untuk mengakomodasi ruang di laboratorium supaya sesuai pengoperasian seperti, tidak boleh bergabung dengan alat medis lainnya (khusus) serta ruangan harus steril,” kata Direktur Badan Layanan Usaha Daerah (BLUD) RSUD Tamiang Layang, dr. Vinny Safari di Tamiang Layang, Senin (28/6/2021)

Menurut dr Vinny agar hasilnya baik memerlukan ruangan khusus karena untuk memasukan spesimen hasil pemeriksaan covid salah satunya harus tersedia ruangan tranform, katanya

Ditambahkan dia, Uji fungsi PCR masih menunggu izin Dinas Kesehatan dengan harapan bisa dilaksanakan dalam waktu dekat. Izin operasional juga akan diberikan apabila rumah sakit telah melengkapi cukup persyaratan, imbuhnya.

Dikatakan dia, dengan adanya PCR, daerah akan semakin mudah mendeteksi Covid – 19. Dengan spesimen tidak perlu dikirim ke Palangka Raya serta diagnosa cepat diketahui untuk mengambil langkah penanganan, ucapnya

Pada kesempatan itu dr Vinny juga mengatakan RSUD Tamiang Layang sebagai salah satu fasilitas umum kesehatan di wilayah DAS Barito yang diketahui pertama kali memiliki mesin PCR, dengan operasionalnya alat medis tersebut diharapkan mampu memberikan pendapatan rumah sakit, karena kabupaten tetangga terdekat lebih mudah menjangkau apabila membutuhkan uji spesimen Covid – 19, pungkasnya. (ani)

BACA JUGA :  BUPATI RESMI KUKUHKAN BUNDA LITERASI KABUPATEN BARITO TIMUR

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.