KOPERASI HARUS MENJADI PENGERAK EKONOMI SAAT PANDEMI COVID-19

oleh -
oleh
KOPERASI HARUS MENJADI PENGERAK EKONOMI SAAT PANDEMI COVID-19 1
Barito Timur Ampera AY Mebas

Tamiang Layang (Dayak News) – Bupati Barito Timur, Kalimantan Tengah, Ampera AY Mebas berharap Koperasi yang merupakan unit bisnis berbasis anggota itu harus mampu menjadi pengarak ekonomi di tengah badai Pandemi Covid-19 saat ini.

“Koperasi di Barito Timur harus terus bergerak dan bangkit guna membentuk daya saing dengan lembaga lainnya sehingga mampu menjadi penggerak perekonomian di tengah wabah virus covid-19 ini,” tegas Bupati Barito Timur Ampera AY Mebas di Tamiang Layang, Rabu (19/5/2021).

Bupati Ampera mengatakan pada kondisi seperti saat ini, dibutuhkan koperasi sebagai badan usaha yang merupakan pelaku ekonomi yang berbasiskan anggota yang memiliki potensi yang besar, utamanya dalam menggerakkan UMKM, karenanya, koperasi dituntut untuk semakin jeli dalam memanfaatkan segala peluang bisnis yang ada, dan harus menjalankan usaha secara efektif, efisen serta profesional sehingga memiliki daya saing yang tinggi dalam persaingan pasar yang semakin kompetif, katanya

Ditambahkan dia, koperasi sebagai lembaga bisnis yang berbasis bisnis dan anggota harus konsisten mempertahankan jati diri koperasi dalam menghadapi kekuatan ekonomi yang berbasis modal, dengan cara memfungsikan peran anggota sebagai pemilik atau pemodal. Sekaligus sebagai pelanggan atau pengguna jasa usaha koperasi, imbuhnya.

Dikatakan dia, pada sisi lain, keterampilan, keahlian merupakan syarat mutlak yang harus dimiliki pengurus koperasi sehingga dalam menjalankan bisnis koperasi selalu berpedoman pada nilai dasar dan jati diri koperasi, “Tujuan dari pendirian koperasi dalam meningkatkan kesejahteran dan meningkatkan ekonomi anggota dapat terwujud sebagaimana yang diamanatkan Undang-Undang Nomor 25 tahun 1992 tentang perkoperasian,” ucapnya.
Pada kesempatan itu, Bupati Ampera juga menakankan bahwa kesamaan pemahaman tentang jati diri koperasi antara pengurus, pengawas dan anggota koperasi akan menumbuhkan kebersamaan antara pengurus, pengawas dan anggota sehingga dapat mewujudkan cita-cita yang telah dituangkan dalam visi dan misi koperasi itu sendiri, pungkasnya. (ani)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.