PENYULUH BARTIM KAJI BANDING KE TABALONG KALSEL

oleh -
oleh
PENYULUH BARTIM KAJI BANDING KE TABALONG KALSEL 1
Penyuluh Pertanian Kecamatan Paju Epat Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah melakukan kaji banding ke Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kembang Kuning Kabupaten Tabalong Kalimantan Selatan.

Tamiang Layang (Dayak News) – Dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan wawasan Penyuluh Pertanian Kecamatan Paju Epat Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah melakukan kaji banding ke Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kembang Kuning Kabupaten Tabalong Kalimantan Selatan.

“Kegiatan kaji banding dan kaji banding pertanian sebagai salat satu metode penyuluhan merupakan suatu konsep belajar yang dilakukan disuatu lingkungan atau wilayah kecamatan Paju Epat Kabupaten Barito Timur ke wilayah yang lain atau bentuk metode penyuluhan yang dilakukan petani belajar kepada petani lain dengan kunjungan pada lokasi petani yang dikunjungi,” kata Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Barito Timur, Trikorianto di Tamiang Layang, Kamis (63/6/2021).

Lebih lanjut Trikorianto mengatakan pengembangan komoditas hortikultura yang antara lain salah satunya meliputi Cabai varietas tiung tanjung, terong varitas yummy, tomat varietas servo , merupakan salah satu komoditas yang masuk dalam fokus pengembangan komoditas kostra tani yang saat ini sedang difokuskan di seluruh wilayah BPP di Indonesia sehingga untuk menyukseskan program tersebut, para petani di kecamatan Paju Epat, perlu dibekali dengan pengetahuan dan ketrampilan yang baik, katanya.

PENYULUH BARTIM KAJI BANDING KE TABALONG KALSEL 2

Ditambahkan dia, BPP Paju Epat sebagai salah satu BPP yang berada di Kecamatan, bersama para petaninya berkunjung ke BPP Kembang Kuning Kabupaten Tabalong Kalimantan Selatan, merunut pada Programa Penyuluhan Pertanian Tahun 2021 melakukan Kegiatan Studi Banding dan kaji banding Budidaya Cabai varietas tiung tanjung secara swadaya ke BPP Kembang kuning dan ke Kelompok Tani, Kecamatan kembang kuning , Kabupaten Tabalong, imbuhnya

Dikatakan dia, dalam kegiatan tersebut para petani dari Kecamatan Paju Epat Kabupaten Barito Timur melakukan pengamatan secara langsung tentang cara pemeliharaan komoditas hortikultura (cabe varietas tiung tanjung, terong varietas yummy dan tomat varietas servo) serta berdiskusi dengan petani andalan bapak Gatot tentang Teknis Budidaya Cabai Rawit sejak dari persiapan lahan hingga masa pemeliharaan. Kondisi pertanaman saat ini sudah memasuki masa vegetatif hingga mempelajari sosial ekonomi dan analisa usahan, ucapnya

BACA JUGA :  KAPOLRES DAN FKPD BARITO TIMUR IKUTI UPACARA HUT BHAYANGKARA KE-76 SECARA VIRTUAL

Pada kegiatan kaji banding ini para penyuluh dan kelompok tani ini di dampingi Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Barito Timur, Ny. Munita Mustika Dewi, Anggota DPRD Barito Timur Komisi II yakni Adolina Sendol, Trisnawati ini berlangsung dengan lancar. (ani)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.