RESMI BERUBAH JADWAL, PASAR AMPAH HARI JUMAT TETAP BUKA

oleh -
RESMI BERUBAH JADWAL, PASAR AMPAH HARI JUMAT TETAP BUKA 1

Tamiang Layang (Dayak News) – Meskipun secara resmi Pemerintah Kabupaten Barito Timur Provinsi Kalimantan Tengah, telah menutup pasar mingguan di Ampah pada hari Jumat dan diganti hari Senin, namun pada jumat (14/1/2022) para pedagang tetap mengelar dagangan dan pasar tetap ramai.

Berdasarkan pantauan media ini, sejak dini hari Jumat (14/1/2022) Pasar Beringin yang terletak di Pusat Kota Ampah Ibukota Kecamatan Dusun Tengah itu, telah ramai dengan datangnya sejumlah pedagang yang mulai membuka lapak dagangan dan disertai banyak warga yang berbondong – bondong untuk berbelanja di pasar tersebut.

“Pasar minggu yang buka hari jumat ini, lebih ramai dari pada hari senin yang lalu, artinya baik pedagang dan warga masih terbiasa hari jumat,” kata Rahman seorang Warga Ampah dan pengunjung pasar ini, Jumat (14/1/2022).

Ia mengatakan mungkin pemindahan ini perlu waktu dan tidak bisa dilakukan dengan serta merta, tetapi diperlukan sosialisasi dan penjelasan lebih detail kepada pedagang dan masyarakat, terkait pemindahan jadwal ini, ucapnya singkat.

Sebagai mana diketahui Bupati Barito Timur Ampera AY Mebas telah menegaskan pelaksanaan pemindahan pasar mingguan di Ampah dari hari jumat ke hari Senin ini dilakukan sesuai dengan kesepakatan dengan para pedagang lokal yang ada di wilayah setempat dan khusus untuk para pedagang dari luar daerah akan kita tertibkan, supaya tetap berjualan hari Senin, katanya.

RESMI BERUBAH JADWAL, PASAR AMPAH HARI JUMAT TETAP BUKA 2
ari

Bupati Ampera juga menjelaskan perubahan jadwal hari pasar di Ampah tetap dilaksanakan sesuai surat himbauan pemerintah melalui Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Barito Timur dengan nomor: 510/686/Disdagkopukm.II/2021, tertanggal 29 Desember 2021 lalu, dan untuk itu keputusan pemindahan jadwal pasar ini tidak bisa diotak-atik oleh siapapun, tegasnya.

Ditambahkan dia, keputusan terkait pemindahan aktivitas pasar mingguan di Pasar Beringin Ampah hari Senin tetap dijalankan, dan akan terus di evaluasi perkembangannya selama tiga bulan kedepan, baru kemudian akan dilakukan pengambilan keputusan lebih lanjut, imbuhnya.

Dikatakan dia, adapun alasan perubahan jadwal pasar mingguan Beringin Ampah ini setelah pihaknya menerima banyak masukan aspirasi yang disampaikan masyarakat, salah satunya berkaitan hari Pasar Beringin Ampah kota dan penutupan hari pasar mingguan Tamenggung Djayakarti Tamiang Layang yang biasanya pada hari Senin ditiadakan dan pasar tersebut dilaksanakan setiap hari.

Selanjutnya untuk wilayah Ampah Kota, Kecamatan Dusun Tengah, hari pasar mingguan digeser dari hari Jumat ke hari Senin, dan kebijakan itu diambil atas dasar aspirasi masyarakat yang menyebutkan bahwa hari Jumat bisa mengganggu aktivitas ibadah sholat Jumat di masjid sehingga menimbulkan kemacetan jalan yang luar biasa, ucapnya.

Pada kesempatan itu Bupati dua periode di Gumi Nansarunai Jari Janang Kalalawah ini berharap kepada para pedagang dan masyarakat pada umumnya selaku pengunjung pasar, dengan penetapan pasar Ampah pada hari Senin, memiliki waktu yang lebih panjang dalam melakukan transaksi jual beli di pasar, pungkasnya.(ani)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.