SEKTOR PERTAMBANGAN MENYUMBANG PENDAPATAN BESAR

oleh -
oleh
SEKTOR PERTAMBANGAN MENYUMBANG PENDAPATAN BESAR 1
Bupati Barito Timur Ampera AY Mebas.

Tamiang Layang (Dayak News) – Bupati Barito Timur Provinsi Kalimantan Tengah Ampera AY Mebas menyampaikan, sumber daya alam khususnya sektor pertambangan emas hitam atau batubara menyumbangkan pendapatan cukup signifikan sebagai pemasukan daerah.

“Bersasarkan catatan dan data pada tahun 2022 terdapat surplus Rp75 Miliar ditambah Rp10 Miliar dari Dana Bagi Hasil (DBH) Provinsi Kalimantan Tengah,” kata Bupati Barito Timur Ampera AY Mebas di Tamiang Layang, Kamis (25/5/2023).

Ia mengatakan hasil sumber daya alam berupa batubara memang menjanjikan karena pada tahun sebelumnya (2022.Red) harga tinggi sehingga menyumbang pendapatan besar untuk Bartim, katanya.

Ditambahkan dia, pendapatan dalam pengelolaan sumber daya alam dan lainnya itu akan terus dipacu. Pihak pemerintah daerah menarget tahun ini kembali bisa melampaui target untuk total keseluruhan, imbuhnya.

Dikatakan dia, realisasi pendapatan asli daerah (PAD) tahun 2022 dari pajak daerah mencapai 106,39 persen, retribusi daerah 54,14 persen. Kemudian, hasil pengelolaan kekayaan yang dipisahkan 100 persen dan pendapatan lainnya 108,5 persen, ucapnya.

Selanjutnya, kata Bupati, pada tahun ini, target PAD keseluruhan diharapkan bisa mencapai diangka lebih kurang Rp200 Miliar, sehingga PAD menjadi perhatian bahkan saat ini pemerintah daerah juga tengah mengupayakan terkait retribusi yang bisa dihasilkan dari Pelabuhan, pungkasnya. (ani)

BACA JUGA :  TEKAN PENYEBARAN COVID-19 PPKM MIKRO DIPERPANJANG DI BARTIM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.