SMKN 2 TAMIANG LAYANG SIAP IKUTI ANBK 2021

oleh -
SMKN 2 TAMIANG LAYANG SIAP IKUTI ANBK 2021 1

Tamiang Layang (Dayak News) – Setelah melaksanakan persiapan cukup lama, SMKN 2 Tamiang Layang siap mengikuti dan melaksanakan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) tahun 2021.

“Kalau tidak ada aral melintang, pelaksanaan ANBK 2021 akan dilaksanakan pada tanggal 20 – 21 September 2021 meendatang , dan akan diikuti sedikitnya 45 orang siswa siswi, dengan rincian 40 orang peserta dan 5 orang cadangan,” kata Kepala Sekolah SMKN 2 Tamiang Layang Abdul Chaq di Tamiang Layang, Senin (6/9/2021)

Ia mengatakan jumlah peserta ANBK Tahun 2021 ini bukan kebijakan kami tetapi telah ditentukan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi, intinya sekolah tidak ada campur tangan terkait penetapan kuota peserta, katanya.

Ditambahkan dai, untuk lancarnya ANBK ini pihaknya menyiapkan tiga ruangan laboratorium komputer, 1 laboratorium berisi 20 komputer, dan menghindari kendala khususnya listrik pihaknya telah menyiapkan genset, tapi mudah – mudahan aliran listrik PLN tidak terganggu, imbuhnya

SMKN 2 TAMIANG LAYANG SIAP IKUTI ANBK 2021 2

Dikatakan dia, sebagai bahan refrensi Asesmen Nasional adalah program penilaian terhadap mutu setiap sekolah, madrasah, dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah. Mutu satuan pendidikan dinilai berdasarkan hasil belajar murid yang mendasar (literasi, numerasi, dan karakter) serta kualitas proses belajar-mengajar dan iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran. Informasi-informasi tersebut diperoleh dari tiga instrumen utama, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar.

Asesmen Nasional perlu dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan. Asesmen ini dirancang untuk menghasilkan informasi akurat untuk memperbaiki kualitas belajar-mengajar, yang pada gilirannya akan meningkatkan hasil belajar murid. Asesmen Nasional menghasilkan informasi untuk memantau perkembangan mutu dari waktu ke waktu, dan kesenjangan antar bagian di dalam sistem pendidikan misalnya: kesenjangan antar kelompok sosial ekonomi dalam satuan pendidikan, kesenjangan antara satuan Pendidikan negeri dan swasta di suatu wilayah, kesenjangan antar daerah, atau pun kesenjangan antar kelompok berdasarkan atribut tertentu.

Asesmen Nasional juga bertujuan untuk menunjukkan apa yang seharusnya menjadi tujuan utama satuan pendidikan, yakni pengembangan kompetensi dan karakter murid. Asesmen Nasional juga memberi gambaran tentang karakteristik esensial sebuah satuan pendidikan yang efektif untuk mencapai tujuan utama tersebut. Hal ini diharapkan dapat mendorong satuan pendidikan dan Dinas Pendidikan untuk memfokuskan sumber daya pada perbaikan mutu pembelajaran, pungkasnya dan diamini oleh Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum SMKN 2 Tamiang Layang Bima. (ani)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.