WARGA MISKIN BARITO TIMUR BISA IKUT KEPESERTAAN BPJS KESEHATAN

oleh -
oleh
WARGA MISKIN BARITO TIMUR BISA IKUT KEPESERTAAN BPJS KESEHATAN 1

Tamiang Layang (Dayak News) – Bupati Barito Timur, Provinsi Kalimantan Tengah, Ampera AY Mebas meminta masyarakat di daerah itu termasuk dalam kategori miskin atau tidak mampu bisa masuk atau menjadi peserta Badan Pelayanan Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

“Masyarakat miskin bisa mengajukan atau menyampaikan diri untuk masuk menjadi anggota BPJS Kesehatan melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Sosial (DPMDSos) Barito Timur,” kata Bupati Ampara AY Mebas di Tamiang Layang, Kamis (17/5/2023).

Ia mengatakan ada anggaran tersisa sebesar Rp9 miliar yang bisa dipergunakan untuk membiayai jaminan kesehatan masyarakat miskin. Anggaran tersebut merupakan sisa anggaran pembiayaan kesehatan masyarakat di Kabupaten Barito Timur tahun anggaran 2023 sebesar Rp21,33 miliar.

Pemerintah Kabupaten Barito Timur, kata dia, telah menjamin pembiayaan kesehatan masyarakat setempat sebanyak 27.445 jiwa warga miskin di Kabupaten Barito Timur.

Dikatakan dia, estimasi perhitungan pembayaran pembiayaan kepada BPJS Kesehatan Rp1,7 miliar per bulan, “Karena itu, masyarakat yang ingin masuk atau atau menjadi peserta BPJS Kesehatan bisa mendapatkannya dengan datangi dan berkoordinasi dengan pihak Kantor DPMDSos Barito Timur,” ucapnya

Pada kesempatan itu Bupati Ampera mengharapkan masyarakat yang memiliki kemampuan untuk bisa menjadi anggota BPJS Kesehatan atau Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) sehingga memiliki hak dalam memperoleh jaminan pelayanan Kesehatan, BPJS Kesehatan itu merupakan asuransi dari pemerintah yang bertujuan untuk menjamin seluruh pengobatan peserta JKN. Tiap warga yang berhak mendapatkan akses layanan yang sama terhadap layanan kesehatan tanpa kesulitan finansial.

“Beraneka manfaat yang bisa didapatkan dengan menjadi peserta BPJS Kesehatan, terutama masalah keuangan atau masalah finansial,” pungkasnya. (ani)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.