BAWASLU LAMANDAU AMANKAN UANG 6,2 JUTA SEBAGAI BUKTI MONEY POLITIC

oleh -176 views

Nanga Bulik – 21/4/19 (Dayak News). Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Lamandau, Kalimantan Tengah, telah berhasil mengamankan uang sebesar Rp. 6,2 juta rupiah sebagai alat bukti perkara dugaan Money Politic.

“Saat ini kami sedang menangani satu perkara dugaan money politic yang diduga dilakukan oleh salah seorang Calon Legislatif (Caleg) DPRD Kabupaten Lamandau Daerah Pemilihan Lamandau III, yang berinisial AA,” kata Ketua Bawaslu Kabupaten Lamandau, Bedi Dahaban, di Nanga Bulik, Sabtu (20/4/19).
Menurutnya, dari dugaan Money Politic yang cukup ramai saat ini menjadi bahan perbincangan dalam beberapa hari terakhir ini, pihaknya juga telah mengamankan uang sebesar Rp. 6,2 juta rupiah sebagai salah satu bukti yang didapat.
“Kita juga telah mengamankan uang sebesar Rp. 6, 2 sebagai bukti dari perkara yang saat ini sedang kami tangani ini,” bebernya.
Uang tersebut merupakan jumlah total uang yang tersimpan dalam amplop besar yang akan diserahkan oleh masyarakat yang dengan sadar melapor kepada petugas Bawaslu.
Selain uang, Bawaslu setempat juga telah mengamankan bukti lainnya seperti dokumen list warga masyarakat calon penerima uang, termasuk berkas seperti SK (Surat Keputusan), baik SK tim sukses Partai, dari KPU dan SK Tim Sukses (Timses) Caleg untuk Desa dari Caleg yang bersangkutan.
Dari hasil pendalaman perkara dan investigasi yang dilakukan Bawaslu setempat sampai sejauh ini, diketahui bahwa uang tersebut berasal dari Caleg yang kemudian diserahkan kepada tim pemenangan Desa Merambang, Kecamatan Bulik Timur, Kabupaten Lamandau, yang kemudian oleh tim Desa tersebut dibagikan kepada masyarakat yang tercacat dalam list calon penerima.
“Akan tetapi atas kesadaran masyarakat bahwa tindakan ini dinilai melanggar ketentuan, mereka melapor kepada Panwascam Kecamatan Bulik Timur. Kemudian dari Panwascam perkaranya dilimpahkan ke Bawaslu Kabupaten Lamandau, kami juga berkesimpulan bahwa perkara dugaan Money Politic yang terjadi di Dapil Lamandau III oleh salahsatu oknum Caleg yang berinisial AA tersebut telah memenuhi unsur, dan perkaranya akan segera dilimpahkan kepada pihak Gakkumdu Kabupaten Lamandau,” pungkas Bedi Dahaban. (Dayak News/Fuad/BBU).

BACA JUGA :  PERAN DIGITAL PENTING BAGI PEMDA KALTENG

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *