KEMENKO DAN BPJS APRESIASI UNTUK PEMDA DAN PELAKU USAHA

oleh -
oleh
KEMENKO DAN BPJS APRESIASI UNTUK PEMDA DAN PELAKU USAHA 1

Palangka Raya, 13/8/2020 (Dayak News). Pementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) bersama dengan BPJS Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) memberikan apresiasi kepada pemerintah daerah dan para pelaku usaha yang memiliki komitmen serta dukungan terhadap pelaksanaan jaminan sosial ketenagakerjaan melalui gelaran Penghargaan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Paritrana Award Tahun 2019, Rabu (12/8/2020).

Berbeda dengan tahun sebelumnya, Paritrana Award kali ini digelar secara daring sebagai upaya mencegah penyebaran Covid-19 di Indonesia. Namun hal ini tidak menyurutkan antusias dari para peserta karena Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, serta Menteri Ketenagakerjaan RI Ida Fauziyah juga turut hadir untuk membuka acara tersebut.

Wakil Presiden Ma’ruf Amin menyerahkan Anugerah Paritrana 2019 kepada pemerintah provinsi dan kota, perusahaan dan pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM), yang peduli terhadap Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan.

Dalam sambutannya, Wapres Amin Ma’ruf menekankan pentingnya perlindungan jaminan sosial kepada para pekerja di Tanah Air. Perlindungan ini menjadi bagian dari upaya mensejahterakan tenaga kerja. Kesejahteraan tenaga kerja syarat mutlak kemajuan suatu negara.

Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan Agus Susanto mengatakan Paritrana diberikan sebagai bentuk apresiasi tertinggi kepada pemerintah daerah, perusahaan besar, perusahaan menengah dan pelaku UKM, karena sudah menjalankan jaminan perlindungan sosial di wilayahnya masing-masing.

Penilaian Anugerah Paritrana sangat objektif karena dilakukan secara selektif dengan melibatkan tim penilai independen dari para ahli, perwakilan serikat pekerja buruh, Pemerintah dan BPJS Ketenagakerjaan, kata Agus.

“Aspek yang dinilai antara lain meliputi kebijakan regulasi jaminan sosial di daerah masing-masing, jumlah coverage dan inisiatif yang dilakukan, seperti diseminasi, kerja sama operasional, pelayanan terpadu dan pengawasan kepatuhan jaminan sosial oleh tim terpadu,” ucapnya menjelaskan.

Penilaian terbagi atas empat kategori, yaitu UKM, perusahaan menengah dan besar, pemerintah kabupaten dan kota serta pemerintah provinsi, dengan jumlah tiga peraih penghargaan untuk setiap kategori.

Sementara itu di Palangka Raya, Kepala BPJAMSOSTEK Cabang Palangka Raya, Royyan Huda mengapresiasi PT Two In One (Aquarius Boutique Hotel) yang menjadi Juara 1 Paritrana Tingkat Nasional Kategori Perusahaan Menengah dan SS Surya Kencana Bengkel yang menjadi UKM terbaik mewakili Provinsi Kalimantan Tengah.

Mewakili BPJAMSOSTEK, saya mengucapkan terima kasih kepada PT Two In One dan SS Surya Kencana Bengkel selaku Badan Usaha dan UKM yang telah berpartisipasi dalam Paritrana Award ini.

PT Two In One (Aquarius Boutique Hotel) dia Augerahi Piala dan 1 Unit Mobil, sedangkan untuk SS Surya Kencana di anugerahi Piala dan Uang Pembinaan 30jt Rupiah.

Anugerah Paritrana itu merupakan inisiasi dari pemerintah pusat melalui Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko-PMK) bersama BPJS Ketenagakerjaan sejak 2017 lalu.

Jumlah kandidat pada 2019 kian meningkat dibandingkan tahun sebelumnya, di mana terdapat 34 provinsi yang ikut meramaikan penghargaan ini. Selanjutnya dari total 514 kabupaten/kota di Indonesia, dan 660 ribu Pemberi Kerja/Badan Usaha yang merupakan peserta BPJAMSOSTEK panitia tingkat provinsi telah menyeleksi 95 kabupaten/kota, 88 perusahaan skala besar, 99 perusahaan skala menengah, dan 34 UKM.

Royyan berharap dengan diadakannya anugerah itu dapat menjadi acuan bagi pemerintah daerah dan perusahaan lain untuk lebih termotivasi memberikan perlindungan kepada seluruh pekerjanya.

“Semoga Anugerah Paritrana ini menjadi pemicu semangat yang dapat memotivasi semua pihak, agar perlindungan menyeluruh bagi seluruh pekerja di Palangka Raya dapat segera terwujud,” katanya.(Pr/Den).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.