WALIKOTA SAMARINDA SYAHARIE JAANG PULANG KAMPUNG, MENGHADIRI FESTIVAL HUDOQ 2019

oleh -
oleh
WALIKOTA SAMARINDA SYAHARIE JAANG PULANG KAMPUNG, MENGHADIRI FESTIVAL HUDOQ 2019 1

MAHAKAM ULU, 23/10/19 ( DAYAK NEWS ). Rombongan tamu undangan dari sejumlah daerah nampak mulai berdatangan di Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu) mengikuti dan menyaksikan kemeriahan acara pembukaan Festival Hudoq Cross Border 2019.

Bupati Kabupaten Mahulu Bonifasius Belawan Geh SH, membuka kegiatan Kamis (24/10).

Salah satu tamu kehormatan telah tiba, Walikota Samarinda Syaharie Jaang beserta rombongan menggunakan transportasi speedboat dari pelabuhan Tering, Kubar.

Setelah menempuh perjalanan melintasi sungai Mahakam selama kl tiga jam rombongan Walikota Samarinda tiba di Dermaga Ibukota Mahulu, Ujoh Bilang Rabu (23/10).

“Setibanya didermaga pelabuhan Ujoh Bilang,Walikota Samarinda,Syaharie Jaang, disambut langsung oleh Bupati Mahulu, Bonifasius Belawan Geh SH dan selanjutnya dilakukan ritual adat penyambutan tamu secara adat Dayak Bahau dengan dipasangkan gelang manik ditangan kanan serta kalung manik.”

Ini adalah suatu kehormatan dan kebanggaan bagi Pemerintah Kabupaten Mahulu. Pada Festival Hudoq Cross Border 2019 kali ini dihadiri Walikota Samarinda, Syaharie Jaang juga putra terbaik dari Kab Mahulu.” ungkap Bonifasius Belawan Geh SH, saat diwawancara awak media.

Dia juga memberi apresiasi dan bangga atas antusias dari masyarakat 50 kampung yang tersebar 5 kecamatan se-Kab Mahulu. Atas peran serta dan dukungan masyarakat dalam mensukseskan Festival Hudoq Cross Border.

“Kegiatan ini benar – benar menyajikan kesenian dan budaya asli milik masyarakat Kab Mahulu,” ujarnya.

“Kesenian tari Hudoq adalah warisan peninggalan leluhur suku Dayak Bahau, Modang dan Kayan. Yang harus kita jaga dan lestarikan”

“Hudoq diadakan setiap setahun sekali, tujuannya ialah untuk memohon berkah dan rahmat Tuhan agar padi yang telah ditanam nantinya dapat menghasilkan panen yang melimpah sehingga dapat membawa kemakmuran bagi masyarakat.”

BACA JUGA :  Polsek Sungai Sampit Kawal Penyerahan BLT-DD

“Dengan diselenggarakannya seni budaya Hudoq ini, semoga mampu menggerakan serta meningkatkan ekonomi kerakyatan melalui pemberdayaan masyarakat. Terutama bidang seni budaya dan pariwisata,” harap Bupati.

Bupati Mahulu berharap, Disparpora melalui bidang seni dan budaya, agar dapat terus menguatkan sinergitas antar lembaga dan masyarakat mengembangkan seni dan budaya yang lebih baik lagi kedepannya, hingga melalui kegiatan–kegiatan seperti ini dapat menjadikan Kab Mahulu sebagai tujuan wisata.

“Atas nama pribadi dan Pemerintah Kab Mahulu , saya mengucapkan selamat datang kepada seluruh tamu dan undangan dalam acara Festival Hudoq Cross Border 2019 ini,” pungkas Bonifasius Belawan Geh SH.

Tanpak hadir mendampingi Bupati Kab Mahulu dalam acara penyambutan tamu undangan yakni, Ketua DPRD Mahulu Novita Bulan, Sekda Mahulu Yohanes Avun, Kadisparpora Mahulu Kristina Tening, Camat Long Bagun Yason Liah dan sejumlah anggota DPRD dan para tokoh masyarakat Mahulu.(Dayak News/JHY/BBU).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.