RATUSAN PESERTA MERIAHKAN PARADE HUDOQ MAHULU

oleh -57 views
RATUSAN PESERTA MERIAHKAN PARADE HUDOQ MAHULU 1

MAHAKAM ULU, 24/10/19 ( DAYAK NEWS ). Sebelum acara pembukaan Festival Hudoq Cross Border 2019, ratusan peserta kegiatan Hudoq dari 5 kecamatan se – Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu) melakukan parade Hudoq di sungai Mahakam, Kamis (24/10).

Parade Hudoq ini disambut dengan penuh antusias oleh ratusan peserta juga masyarakat. Hal ini nampak saat rombongan parade Hudoq tiba di pelabuhan Ujoh Bilang, Kabupaten Mahulu.

Festival Hudoq Cross Border 2019 diadakan oleh Pemkab Mahulu ini, masih sama seperti tahun 2018 lalu. Salah satu agendanya parade peserta Hudoq di sungai Mahakam dengan menggunakan perahu atau kapal motor.

Kemudian dilanjutkan dengan mengelilingi Kampung Ujoh Bilang, tempat dimana acara Hudoq Cross Border 2019 dilaksanakan.

Sebelum dilaksanakan parade, ratusan peserta Hudoq berkumpul disuatu tempat ditepi sungai Mahakam, tempat itu biasa disebut Karangan oleh warga setempat.

Ditempat itulah para peserta parade mempersiapakan pakaian Hudoq mereka, setelah semuanya siap, selanjutnya peserta naik keatas beberapa perahu atau kapal motor yang sudah disediakan.

Selanjutnya peserta parade berlayar menggunakan perahu atau kapal motor, menuju ke pelabuhan Ujoh Bilang.

Toni, salah seorang kontingen asal Kecamatan Laham mengatakan, adapun maksud dari parade ini sebagai ucapan selamat datang. Dan juga merupakan tradisi yang dilakukan sebelum acara dimulai.

Setelah selesai melakukan parade, ratusan peserta Hudoq, berkumpul dilapangan tempat acara pembukaan Festival Hudoq Cross Border 2019 dilaksanakan.

Kemudian para peserta parade hudoq mengikuti acara pembukaan Hudoq Cross Border 2019, dibuka secara langsung oleh Bupati Mahulu Bonifasius Belawan Geh SH.(Dayak News/JHY/BBU).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *