Bupati Drs. Arton S Dohong Pantau Banjir

oleh -64 views

Kuala Kurun, Dayak News.

Bupati Kabupaten Gunung Mas (Gumas) Drs.Arton S Dohong melakukan kegiatan secara khusus untuk memantau secara langsung kondisi bencana banjir yang menerjang  kawasan permukinan serta ladang masyarakat di wilayah Kabuparten yang berada di kawasan hulu Daerah Aliran Sungai (DAS) Kahayan itu.

Bupati Gumas Drs. Arton S Dohong didampingi Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Ir.Simpahati, Kepala Badan Keuangan dan Aset Drs. Untung Dugan,KasubagRumah Tangga dan Tata Usaha Setda Gumas Drs.Pridledi  serta beberapa Pejabat Eselon III BPBD, Jum’at (12/1/18 dengan naik speed boad melihat secara langsung desa yang terendam.

Rute perjalanan yang dilihat dimulai dari  Desa Tumbang Tambirah dilanjutkan ke Desa Tewang Pajangan, Penda  Pilang, Sarerangan, Tumbang Pajangei hingga tiba di Tewah.

Setiba di Tewah, Kecamatan Tewah rombongan Bupati disambut Camat Tewah Hengki Panto dan Sekcam Punding serta beberapa warga. Drs.Arton S Dohong mengatakan, debit air yang sempat meninggi mereka tinjau secara langsung itu menunjukan kondisi sudah mulai surut.

Dalam hari itu pula rombongan kebali ke Kota Kuala Kurun, Ibukota Kabupaten Gunung Mas.Tiba di dermaga Kurun, politisi dari PDIP yang sarat  pengalaman ini mengatakan,dari hasil pantauannya, mengatakan, meskupun banjir mulai surut, dia mengimbau warga yang berdiam di bantaran sungai Kahayan, Miri, Hamputung, Rungan dan Manuhing, agar ke depannyaselalu waspada dan berhati hati terhadap tanah longsor dan banjir.

Catatan Dayak News, kondisi curah hujannya akhir-akhir ini cukup tinggi di wilayah Kabupaten Gumas.  Banjir dan tanah longsor bisa saja terjadi kedepan termasuk  wabah penyakit, karenaitu Bupati Drs.Arton S Dohong berharap masyarakat untuk menjaga kesehatan. Camat dan Kepala Desa, saya minta pantau terus keadaan desa dan masyarakatnya,” tandas Bupati Drs.Arton.S.Dohong. (Dayak News/PR/BBU).