DEKLARASI BASNO DI GUMAS

oleh -35 views

Kuala Kurun, Dayak News.

Pemerintah Kabupaten Gunung Mas (Gumas) melalui Dinas Kesehatan menyelenggarakan deklarasi Desa Stop Buang Air Besar Sembarangan (SBS/ODF) BASNO.

Kegiatan dibuka langsung oleh Bupati Gumas Drs.Arton S. Dohong didampingi Ketua PKK Gumas Apristini S. Dohong, ketua DPRD H. Gumer dan Sekretaris Daerah Yansiterson, diĀ  Gedung Pertemuan Umun (GPU ) Daman Batu, Selasa (27/03/2018. Turut hadir semua kepala SOPD, Seluruh Camat, dan Kepala Desa.

Tampak juga hadir yang mewakili Kadis Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), Pabung PLK/1016, Mayor Ifantri Catur Prasetio Nugroho,mewakili Kapolres, mewakili Kejari, serta undangan lainya.

Kegiatan ini sebagai komitmen masyarakat desa untuk stop buang air besar sembarangan dan meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan masyarakat akan pentingnya berperilaku hidup bersih dan sehat yang dimulai dari diri sendiri keluarga dan komunitas sehingga tercapai tatanan masyarakat yang mandiri untuk hidup sehat,ucap Arton S. Dohong.

Dikatakan, kegiatanĀ  ini untuk meningkatkan kualitas, relevansi dan akses terhadap perangkat pendidikan dan layanan kesehatan. Sebanyak 43 desa yang tersebar di delapan kecamatan yang ada, telah membuktikan tekad untuk terbebas dari perilaku buang air besar sembarangan. Diharapkan tidak kali ini saja namun terus berlanjut untuk seluruh desa sehingga target pemerintah kabupaten untuk ODF/BASNO pada tahun 2019 bisa tercapai. (Dayak News/IA/BBU).