DHARMA SANTY WAJIB BAGI KAHARINGAN

oleh -6 views

Kuala Kurun, 12/4/19 (Dayak News). Dharma Santy, hari raya bagi agama Hindu. Kegjatan itu dilaksanakan dalam rangkaian hari raya nyepi.

Bupati Gunung Mas (Gumas) Drs.Arton S Dohong melalui Asisten I Setda Gumas, Drs.Ambo Metar dalam perayaan hari raya Dharma Santy juga kewajiban perayaannya bagi agama Kaharingan.

Perayaan terpusat di Balai Bintang Lampang Patentuk Kalampangan Jalan Damang Sawang, Kelurahan Tampang Tumbang Anjir, Kecamatan Kurun.

Kegjatan ini dalam Rangka memperingati Dharma Shanty, Perayaan hari raya Nyepi umat Hindu Kabupaten Gumas Tahun Baru Caka 1941 Tahun 2019 Masehi, Kamis (11/4/19).

Tema kegiatan, “ Melalui C
catur brata penyepian kita sukseskan Pemilu 2019” dan tema “ Dengan semangat hari raya Nyepi Tahun Baru Caka 1941, kita tingkatkan persatuan dan kesatuan sebagai perekat landasan kerukunan kehidupan umat beragama di Kabupaten Gumas”

Menurut Bupati Gumas, pelaksanaan Dharma Santi Nyepi dimaksudkan pula sebagai pembinaan dan pendidikan keagamaan bagi anak-anak, generasi muda dan umat Hindu Kaharingan, dengan demikian mereka merasa memiliki kebanggaan sebagaimana umat beragama lainnya.

“Nyepi merupakan momentum untuk membersihkan cermin diri sendiri dari kotoran dan debu debu baik berupa emosi ambisi dan hawa nafsu bagi kita yang benar benar menjalankannya dengan baik,”ucap Ambo Jabar.

Ketau Penyelenggara, Ketut Mindri, S. Ag selaku dalam laporannya mengatakan, maksud dan tujuan kegiatan , sebagai wahana untuk membangun komunikasi antara umat beragama dan pemerintah dalam hal meningkatkan persatuan dan kebersamaan dalam pengembangan dan pemberdayaan umat, agar saling menjalin silahturahmi antar sesema umat beragama dalam rangka menciptakan kerukunan, ucapnya.(Dayak News/AI/BBU).

BACA JUGA :  18 PEJABAT FUNGSIONAL GUMAS DIKOKOHKAN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *