ANGGOTA DEWAN MINTA DESA WAJIB MELAKUKAN PENCEGAHAN KARHUTLA

oleh -
oleh
ANGGOTA DEWAN MINTA DESA WAJIB MELAKUKAN PENCEGAHAN KARHUTLA 1

Buntok, 22/10/2020 (DayakNews). Guna mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) setiap tahunnya diwilayah Kabupaten Barito Selatan (Barsel), anggota komisi II DPRD Barsel, Hermanes SE meminta agar setiap desa wajib untuk melakukan persiapan pencegahan dalam mengatasi hal tersebut.

Ia juga meminta kepada desa yang saat ini belum mendapatkan bantuan seperti mesin pompa portable, dapat kiranya untuk membeli dahulu. Sebab, menurutnya mesin tersebut dapat berfungsi ganda.

Seperti bisa digunakan untuk menyemprot api bila terjadi kebakaran hutan dan lahan pada musim kemarau, dan sebaliknya saat musim penghujan bisa digunakan menyedot air.

“Apabila desa belum mendapatkan bantuan pompa portable, sebaiknya beli dahulu untuk mengantisipasi terjadinya Karhutla,” ucap Hermanes via telepon, Kamis (22/10/2020).

Wakil rakyat Dapil II Barsel itu juga mengimbau, agar semua Camat yang berada dienam Kecamatan dapat menyampaikan hal itu kepada masing-masing desa diwilayahnya, guna menganggarkan pembelian alat pompa air, dari Alokasi Dana Desa (ADD).

“Terutama bagi desa yang belum mendapatkan bantuan mesin pompa portable itu,” katanya mengulangi.

Masih dikatakannya, bahwa ditahun 2020 ini, pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah telah memberikan bantuan mesin pompa portable bagi desa-desa yang ada dienam kecamatan di Kabupaten Barsel.

“Dan bagi desa-desa yang belum mendapatkan bantuan mesim pompa air itu, pemerintah Provinsi Kalteng akan kembali melanjutkan pemberian bantuan itu pada tahun 2021 mendatang, “pungkasnya.(Ren/BBU).

BACA JUGA :  TINGKAT PARTISIPASI PEMILIH DIHARAPKAN TETAP TINGGI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.