KETUA KOMISI I DPRD BARSEL BERHARAP ASPIRASI MASYARAKAT TERAKOMODIR MELALUI MUSRENBANG

oleh -7 views
KETUA KOMISI I DPRD BARSEL BERHARAP ASPIRASI MASYARAKAT TERAKOMODIR MELALUI MUSRENBANG 1
Ketua Komisi I DPRD Barito Selatan (Barsel) H. Raden Sudarto.

Buntok (DayakNews) Ketua Komisi I DPRD Barito Selatan (Barsel) H. Raden Sudarto mengharapkan aspirasi masyarakat bisa terakomodir melalui kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang).

“Kita mengharapkan aspirasi masyarakat bisa terserap dan terakomodir pada musrenbang,” katanya kepada DayakNews, Senin (15/3/2021).

Karena lanjut dia, berdasarkan hasil kunjungan kerja pihaknya kesejumlah desa di Barito Selatan ini, banyak keluhan-keluhan dari desa, sebab dari lima program prioritas yang diminta pada saat musrenbang tersebut ada yang tidak terakomodir sama sekali.

“Nah itulah yang menimbulkan kekecewaan yang terjadi di masyarakat yang kita dapatkan pada saat kunjungan kerja,” ucap politisi dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Barito Selatan itu.

Ia mengharapkan kedepannya agar usulan program pembangunan dari desa itu, jangan tidak terakomodir semuanya, paling tidak ada dari lima usulan yang diusulkan terakomodir.

“Karena, biasanya pada pelaksanaan musrenbang itu, desa diminta mengusulkan 5 skala prioritas pembangunan, namun setelah musrenbang ditingkat kecamatan, usulan desa, ada yang tidak terakomodir semuanya, sehingga hal itu yang menjadi kekecewaan dari masyarakat,” jelasnya.

Padahal skala prioritas yang diusulkan desa itu lanjut dia, sangat penting dan merupakan upaya masyarakat dalam membuat program berdasarkan hasil rapat pra musrenbangdes antara Kepala Desa dengan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) bersama tokoh dan masyarakat desa.

Dari hasil rapat itu kata Raden Sudarto, terlahirlah beberapa program yang kemudian diusukan Kepala Desa pada saat pelaksanaan musrenbang, sehingga usulan itu bukan usulan kepala desa, akan tetapi berdasarkan hasil rapat dengan masyarakat desa.

“Jadi, kedepan diharapkan supaya apa yang diusulkan desa itu, paling tidak ada yang terakomodir, karena apa yang diusulkan tersebut untuk kemajuan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat desa,” pungkasnya.(Ren)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *