LEGISLATOR INI MINTA KEPADA DINAS TERKAIT SOSIALISASIKAN PROGRAM PERTANIAN HIDROPONIK

oleh -6 views
LEGISLATOR INI MINTA KEPADA DINAS TERKAIT SOSIALISASIKAN PROGRAM PERTANIAN HIDROPONIK 1

Buntok,15/9/2020 (DayakNews). Guna antisipasi pencegahan rawan pangan di tengah Pandemi Covid -19 di Kabupaten Barito Selatan (Barsel), Anggota DPRD Barsel Hermanes meminta dinas terkait pada dinas Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) Kabupaten setempat mensosialisasikan program pertanian hidroponik.

“Semua ini dilakukan, agar ketahanan pangan di Kabupaten Barsel tetap terjaga di tengah pandemi Covid – 19 yang terjadi saat ini,” katanya kepada DayakNews, Selasa (15/9/2020).

Menurutnya, sistem pertanian hidroponik adalah sistem pertanian modern yang bisa dilakukan dirumah tanpa menggunakan area lahan yang luas. Selain itu pula, diterangkan dia, terkait dengan bahan baku yang digunakan tidak menggunakan media tanam tanah.

“Namun, bahan baku metode pertanian ini menggunakan media busa, pipa, dan bahan baku air, ditambah pemberian pupuk cair dan lain sebagainya,” terangnya.

Politisi PDIP Barsel ini meyakini, sistem bercocok tanam menggunakan sistem hidroponik, merupakan langkah solusi yang tepat guna mengatasi krisis pangan di tengah pandemi Covid – 19, khususnya Kabupaten Barsel, untuk memenuhi kebutuhan pangan.

“Karena bercocok tanam menggunakan sistem hidroponik bisa dilakukan hampir bagi semua jenis tanaman sayuran hortikultura. Metode bercocok tanam ini merupakan cara yang sangat ampuh dan sederhana serta tidak mengeluarkan biaya yang banyak ketika dipraktekkan dirumah,” paparnya.

Karena, sistem pertanian hidroponik dinilai bisa memenuhi kebutuhan pangan di tengah pandemi Covid 19 apabila terjadi krisis pangan,” imbuhnya.

Selain bermanfaat guna memenuhi kebutuhan pangan rumah tangga, tutur dia, hasil pertanian hidroponik dinilainya dapat menambah penghasilan, ketika hasil panen dijual di pasar atau dari rumah kerumah.

“Oleh karena itu hendaknya sistem pertanian hidroponik ini digalakkan oleh instansi terkait kepada masyarakat, untuk antisipasi kelangkaan pangan ditengah pandemi Covid -19 ini,” pungkasnya.(Ren/BBU).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *