ANGGOTA DPRD GERINDRA BARITO UTARA MINTA PIHAK TERKAIT AWASI HARGA LPG 3 KG YANG MELONJAK TINGGI

oleh -
oleh
ANGGOTA DPRD GERINDRA BARITO UTARA MINTA PIHAK TERKAIT AWASI HARGA LPG 3 KG YANG MELONJAK TINGGI 1
Mustafa Joyo Mukhtar (tengah)

Muara Teweh (Dayak News) – Anggota DPRD Barito Utara dari Partai Gerindra Barito Utara, Mustafa Joyo Mukhtar, meminta para pihak untuk mengawasi dan mematuhi kesepakatan yang sudah dicapai dalam RDP, karena masyarakat yang terhimpit dalam penghasilan ekonomi keluarga terutama menengah kebawah akan merasa terbebani dengan harga yang tinggi.

Seperti diberitakan sebelumnya Kabupaten Barito Utara dilanda kelangkaan tabung LPG 3 kilogram dalam beberapa bulan terakhir, yang menyita perhatian publik termasuk DPRD Barito Utara. Bahkan harga tabung LPG yang biasa disebut Melon yang bersubsidi naik hingga mencapai Rp 50 ribu per tabungnya.

Meskipun dinas terkait sudah melakukan pengawasan, langkah tersebut tidak membawa dampak apa-apa, dan harga tabung gas Melon tetap tinggi di pasaran. Oleh karena itu, DPRD Barito Utara memanggil pemerintah setempat dan dinas terkait untuk Rapat Dengar Pendapat (RDP) di aula DPRD pada Kamis, 2 Maret 2023.

RDP dipimpin oleh Ketua DPRD Hj Mery Rukaini, didampingi Wakil Ketua Permana Setiawan dan Sastra Jaya, serta para anggota. Pemerintah Kabupaten Barito Utara diwakili oleh Asisten II Gazali, dan dihadiri juga oleh pihak Pertamina dan agen LPG di Muara Teweh.

Dalam RDP terungkap bahwa penyaluran LPG 3 kilogram bermasalah, sehingga membuat harga melambung. Penyaluran dari Pertamina ke agen hanya dilakukan ke pangkalan saja, sementara pangkalan sendiri ikut menyalurkan ke kios atau warung, sehingga harga melambung. Hal ini membuat para pemilik kios mengambil keuntungan.

Dalam RDP, Dinas Perindustrian dan Perdagangan meminta pemerintah daerah membuat payung hukum atau perda untuk menutup pangkalan yang sengaja menjual ke kios atau warung. Kesimpulan RDP menyatakan bahwa agen dan pangkalan harus menjual LPG 3 kilogram kepada masyarakat miskin, usaha mikro, petani, dan nelayan sesuai harga eceran tertinggi yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

BACA JUGA :  Nuriyanto Ucapkan Selamat Ultah kepada Ketua DPRD Barito Utara

Kesimpulan tersebut akan dituangkan dalam syarat pernyataan yang ditandatangani oleh direksi dan disampaikan kepada pemerintah daerah dan DPRD. Jika kesimpulan RDP tidak diindahkan, maka pemerintah daerah dan DPRD akan melaporkan kepada pihak yang berwenang. (Ist)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.