DPRD BARUT DORONG PEMDES KEMBANGKAN INFRASTRUKTUR GUNA TINGKATKAN KEMANDIRIAN DAN PEREKONOMIAN DESA

oleh -
oleh
DPRD BARUT DORONG PEMDES KEMBANGKAN INFRASTRUKTUR GUNA TINGKATKAN KEMANDIRIAN DAN PEREKONOMIAN DESA 1
Edi Fran Aji (foto/ist)

Muara Teweh (Dayak News) – Salah satu anggota DPRD Barito Utara, Edi Fran Aji, menghimbau pemerintah desa (Pemdes) untuk mengembangkan infrastruktur di wilayah masing-masing desa guna meningkatkan kemandirian dan perekonomian warga desa setempat.

Menurut politisi dari Partai Nasdem, Edi Fran Aji, infrastruktur merupakan hal penting dalam mendukung perekonomian warga desa. Saat berbicara tentang infrastruktur, cakupannya tidak hanya terbatas pada pembangunan jalan dan gapura saja.

“Infrastruktur memiliki beragam aspek, seperti pembangunan irigasi sawah, drainase, pengembangan jaringan internet dan telekomunikasi, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, saya mendorong Pemdes untuk berperan serta dalam membangun dan mengembangkan infrastruktur tersebut,” kata Edi Fran Aji pada hari Minggu, 2 April 2023, sore hari.

Edi Fran Aji menambahkan bahwa ia mendorong Pemdes untuk memperhatikan infrastruktur desa karena hingga saat ini masih banyak desa di daerah tersebut yang belum memiliki fasilitas dan sarana penunjang yang memadai.

“Keterbatasan ini menjadi penyebab sulitnya perkembangan desa. Terutama karena sebagian besar penduduk di kabupaten kita ini bekerja sebagai petani atau nelayan, mereka tentu mengharapkan akses jalan yang baik, seperti infrastruktur jalan menuju area pertanian, sehingga mereka dapat dengan mudah mengangkut hasil panen antar desa maupun ke kota,” jelasnya.

Selain itu, pembangunan infrastruktur lainnya juga sangat dibutuhkan, seperti irigasi dan teknologi pendukung pertanian. Pembangunan irigasi di sawah sangat penting, karena petani hanya bisa mengandalkan hujan untuk mengairi lahan pertanian mereka.

“Menurut saya, dana desa yang mencapai miliaran rupiah seharusnya dialokasikan untuk pengembangan infrastruktur, demi kepentingan masyarakat dan kemajuan desa itu sendiri,” tambahnya. (Ist)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.