DPRD KABUPATEN BARITO UTARA MINTA PERUSAHAAN PERBAIKI JALAN DI DESA LUWE HULU-LUWE HILIR

oleh -
oleh
DPRD KABUPATEN BARITO UTARA MINTA PERUSAHAAN PERBAIKI JALAN DI DESA LUWE HULU-LUWE HILIR 1
Reza Faisal Anggota DPRD dari Parpol Demokrat.

Muara Teweh (Dayak News) – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Barito Utara telah menanggapi aspirasi masyarakat terkait penanganan perbaikan jalan lintas di Desa Luwe Hulu – Luwe Hilir, Kecamatan Lahei Barat, yang belum selesai sejak akhir tahun 2020, di mana masih ada sisa sepanjang 450 meter yang belum dilakukan semenisasi (Cor Beton) dari jumlah keseluruhan lebih kurang 700 meter.

Dalam rapat yang diselenggarakan pada Kamis, 9 Maret 2023, semua anggota DPRD mendengarkan penjelasan dari berbagai pihak terkait, seperti Camat Lahei Barat, perusahaan yang melintas di jalan tersebut, dan Kepala Desa Luwe Hulu dan Luwe Hilir.

Camat Lahei Barat menjelaskan bahwa pada tahun 2020, anggaran dari Pemda sangat sulit akibat pandemi COVID-19, tetapi kebutuhan untuk jalan sangat penting.

Oleh karena itu, Bupati memerintahkan untuk melakukan komunikasi dengan perusahaan yang melintas di jalan Desa Luwe Hulu -Luwe Hilir.

Berdasarkan kesepakatan rapat, pekerjaan cor beton jalan sepanjang 700 meter langsung dikerjakan oleh pihak perusahaan, dengan PT Pada IDI sebagai koordinator untuk mengkoordinir perusahaan-perusahaan yang sudah disepakati. Kepala Desa Luwe Hulu dan Luwe Hilir bertindak sebagai pengawas lapangan.

Namun, pihak perusahaan mengalami kendala dalam mengakomodir semua perusahaan yang melintas, karena beberapa perusahaan mengalami masalah lahan dengan warga serta masalah internal dan eksternal perusahaan sehingga menghambat penyelesaian pekerjaan jalan. Kepala Desa Luwe Hulu dan Luwe Hilir juga menjelaskan bahwa pihaknya terkendala dengan banyaknya ketidakhadiran perusahaan yang sudah disepakati.

Setelah dilakukan rapat yang difasilitasi oleh PT VTDM dengan beberapa pihak perusahaan yang hadir, mereka sepakat untuk memperbaiki badan jalan yang rusak dengan melakukan penimbunan. Setelah perbaikan badan jalan, akan dilanjutkan dengan semenisasi jalan Cor beton dengan panjang 450 meter.

Reza Faisal, anggota DPRD Barito Utara dari Partai Demokrat, menanggapi penjelasan yang disampaikan dan meminta agar pihak perusahaan menyelesaikan pekerjaan jalan yang sudah disepakati.

Jika tidak, Reza menyatakan bahwa pihak perusahaan harus membuat jalan sendiri karena akses jalan tersebut dinikmati oleh pihak perusahaan itu sendiri dan warga yang melintas di sana akan terganggu jika kondisi jalannya rusak. Reza meminta keputusan dari pihak perusahaan pada sore hari itu, apakah mereka setuju untuk memperbaiki jalan tersebut atau tidak. (Ist)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.