PARIPURNA DPRD KOBAR SAMPAIKAN HASIL RAPAT GABUNGAN BAHAS TIGA RANPERDA

oleh -20 views
PARIPURNA DPRD KOBAR SAMPAIKAN HASIL RAPAT GABUNGAN BAHAS TIGA RANPERDA 1
M.Rusdi Gozali, S.P

Pangkalan Bun (Dayak News) – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kotawaringin Barat (Kobar) mengadakan Rapat Paripurna Ke-IV masa sidang II tahun sidang 2021 dalam Rangka Penyampaian hasil Rapat Gabungan Komisi-Komisi DPRD Kobar bersama Pemerintah Kabupatren (Pemkab) Kobar, tehadap 3 (Tiga) Rancangan Peratuiran Daerah (Renperda) Kabupaten Kobar Tahun 2021.

Rapat yang dihadiri oleh Wakil Bupati Kobar itu langsung dipimpin oleh Ketua DPRD Kobar M Rusdi Gozali, S.P di dampingi Wakil Ketua 1 wakil ketua 2 DPRD Kobar.

Hasil Rapat Gabungan Komisi-Komisi DPRD Kobar bersama Pemkab Kobar itu dibacakan oleh Sekretaris Rapat Gabungan, Wanti Septia Utami, S. Ikom, dari Fraksi PDI Perjuangan Komisi C DPRD Kobar.

Ada 3 (tiga) buah Ranperda yang dibahas yaitu, Ranperda Pengelolaan Air Limbah Domestik, Ranpenda Retribusi Penyediaan dan/atau penyedutan Kakus dan Pengelolaan Ruang terbuka Hijau (RTH).

Disampaikan bahwa penyusunan dan pembahasan ke 3 Ranperda tersebut sebagai salah satu instrumen dari tahapan perencanaan dan implemantasi program Pembentukan Paraturan daerah tahun 2021, yaitu dalam rangka pengelolaan lingkungan hidup yang baik dan sehat.

Serta pengembangan sistem air limbah domestik dalam daerah yang merupakan sub urusan pemerintahan Konkuren yang diserahkan ke daerah dan harus dilaksanakan secara sinergi, berkelanjutan dan profesional guna terkendalimnya pembuangan air limbah domestik.

Dan untuk Ranperda Retribusi Penyediaan dan/atau penyedutan Kakus termasuk dalam retribusui jasa umum yang wajib dilaksanakan oleh pemerintah daerah sebagai bentuk pelayanan dasar kepada masyarakat di bidang sanitasi dengan pengoperasian truk pengangkut tinja. mobil toilet keliling dan instalasi pengelolaan lumpur tinja (IPLT) milik Pemerintah Daerah.

Sedangkan Ranpenda Retribusi Penyediaan dan/atau penyedutan Kakus dan Pengelolaan Ruang terbuka Hijau (RTH) yaitu area memanjang/jalur dan/atau mengelompok yang penggunaannya lebih bersifat terbuka, tempat tumbuh tanaman, baik yang tumbuh secara alamiah maupun yang sengaja ditanam, dengan mepertimbangkan asfek ekologis, resapan air, ekonomi, sosial budaya, dan estetika dalam rangka meningkatkan kesadaran dan bentuk serta intensitas partisipasi masyarakat. (AR/Den)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.