BANYAK RISIKO, LEGISLATOR MURA AJAK MASYARAKAT HINDARI PERNIKAHAN DINI

oleh -
oleh
BANYAK RISIKO, LEGISLATOR MURA AJAK MASYARAKAT HINDARI PERNIKAHAN DINI 1
Olivia Owiswanti (Foto/Ist)

Puruk Cahu (Dayak News) – Berbagai dampak negatif seringkali dialami pasangan yang menikah dini. Kondisi ini umumnya terjadi karena pasangan tersebut secara emosional masih labil terutama saat dihadapkan dengan berbagai tantangan berumah tangga.

Didasari kondisi demikian, Anggota Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Murung Raya (Mura) Olivia Siswanti berharap masyarakat di daerah ini menghindari menikah pada usia dini.

“Pernikahan di usia dini rentan mengalami berbagai macam masalah. Sebab, pengendalian emosi mereka (anak bawah umur) masih belum stabil,” kata Olivia, Selasa (29/6/2021).

Politisi Partai Golkar itu menjelaskan, apabila emosi anak di bawah umur yang menikah itu tidak stabil, dikhawatirkan akan menimbulkan masalah seperti kekerasan dalam rumah tangga (KDRT). Bahkan tak jarang berujung pada perceraian.

Olivia melanjutkan, selain masalah psikologis, pernikahan usia dini juga berpengaruh pada kondisi kesehatan, terutama tumbuh kembang janin maupun bayi yang dilahirkan dari pasangan tersebut. Salah satunya adalah risiko terjadinya stunting pada bayi mereka.

Dia menambahkan, mengingat banyaknya dampak negatif yang ditimbulkan, sebaiknya pernikahan dini ini dihindari. Seluruh pihak mulai dari orangtua hingga para pemangku kepentingan harus bersinergi untuk mendorong anak-anak maupun remaja agar hanya menikah pada usia ideal mereka.

“Masyarakat, khususnya para orangtua, perlu memberikan pemahaman pada anak-anaknya untuk berumah tangga pada usia dewasa. Ini penting demi masa depan mereka maupun anak-anaknya,” sebut istri Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mura itu. (Sar)

BACA JUGA :  DONI UCAPKAN SELAMAT ATAS HUT PDI PERJUANGAN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.