Pelajar Bisa Hasilkan Cuan, ini Ide Bisnis yang Perlu Dilakukan

oleh -
oleh
Pelajar Bisa Hasilkan Cuan, ini Ide Bisnis yang Perlu Dilakukan 1

Dayak News– Ide bisnis untuk pelajarsemakin modern dan berkembang luas. Apalagi saat ini  didukung dengan kemudahan memperoleh informasi dari internet. Memulai bisnis tidak lagi memiliki batasan usia, Anda yang masih berprofesi sebagai pelajar pun bisa merintis usaha.

Ingin membuka usaha sendiri adalah suatu bentuk keinginan untuk maju dan mandiri. Meskipun saat ini usaha yang dirintis berskala kecil, siapa tahu lima tahun lagi sudah menjadi besar. Lalu apa saja ide bisnis yang bisa diterapkan? Yuk langsung saja simak.

Ide Bisnis Modal Tipis yang Bisa Dilakukan Pelajar

Sejauh ini jenis usaha yang bisa diterapkan oleh pelajar tidak akan mengganggu kegiatan belajar atau mengerjakan tugas. Karena ide-ide ini bisa dilakukan di rumah atau dimana saja tanpa terikat kontrak layaknya bekerja di perusahaan.

Besar kecilnya modal juga relatif, karena beberapa bahkan tidak membutuhkan modal. Penasaran apa saja ide bisnis untuk pelajaryang bisa dilakukan, berikut daftarnya.

1.   Membuat Kerajinan Tangan

Memiliki keterampilan mengolah barang bekas menjadi bingkai kaca atau pigura? Artinya Anda bisa membuka produksi kerajinan tangan. Kreativitas untuk menciptakan kerajinan ini memiliki nilai yang unik. Apalagi kerajinan tangan khas Indonesia laris di pasar internasional.

Anda bisa memulai dengan membuat kerajinan tangan apapun itu dan jika perlu limited edition. Tinggal pasarkan saja produk Anda melalui internet atau kepada kerabat terdekat. Di masa depan Anda bisa menargetkan untuk bisa berjualan di luar negeri.

2.   Berjualan Online

Saat ini siapa yang tidak mengenal dengan toko online. Seperti platform Blibli yang menyediakan aneka kebutuhan sehari-hari dari makanan hingga barang lainnya. Anda bisa buka toko online langsung dan menjadi seorang seller. Soal cara buka toko online di platform Blibli pun sangat mudah.

Anda hanya perlu mendaftar dengan nomor rekening, identitas pribadi dan tidak lupa produk. Tentukan produk apa yang ingin dijual, buatlah foto yang menarik sekaligus deskripsinya. Jika ingin menjual banyak produk Anda bisa melakukannya di satu toko sekaligus. 

Selama memiliki toko online, Anda bisa berjualan sebagai reseller, dropshipper atau produsen langsung. Apapun yang dijual sudah pasti tersedia kategorinya dan tidak sedikit konsumen yang mencarinya.

3.   Make Up Artist (MUA)

Ide bisnis satu ini menuntut keterampilan khusus yang bisa Anda dapatkan dengan mengikuti kursus sebelumnya. Usai mengikuti kursus, Anda akan memperoleh sertifikat yang bisa digunakan untuk membuka usaha. Jasa MUA cukup dicari karena tidak semua wanita bisa merias diri dengan baik.

Khususnya untuk acara-acara besar seperti prewedding, wedding, resepsi, atau acara penting lainnya. Bisnis yang satu ini bisa menjadi besar dan Anda dapat merekrut asisten untuk membantu jika ada job cukup besar.

Berbicara mengenai modal, harga produk make up memang mahal tapi Anda tidak akan menggunakannya sekali habis. Satu produk bisa digunakan beberapa kali, padahal tarif sekali pekerjaan tidaklah murah. Apalagi jika keterampilan merias Anda sangat disukai.

4.   Blogger

Memiliki hobi tulis menulis, Anda berkesempatan besar untuk menjadi seorang blogger. Tulisan yang hanya disimpan, saat ini bisa dibaca dan mungkin menarik bagi banyak orang. Modalnya hanya ide atau tema menarik dan keterampilan mengelola blog dengan baik.

Blog bisa menghasilkan uang dari banyak kanal. Pertama adalah langsung dari produk yang membutuhkan review dari Anda. Kedua adalah Adsense atau pemasang iklan di Google yang prosesnya sendiri memang tidak instan. Ketiga, Anda bisa menjadi brand ambassador suatu produk.

BACA JUGA :  SETELAH BI, KINI DITJEN PAJAK JUGA TERSERANG VIRUS. APA KABAR DATA KITA?

Keempat ada juga pemasukan dari content placement dan kelima adalah afiliasi. Masih banyak sebenarnya sumber pemasukan jika Anda jadi blogger yang harus dirintis dari sekarang.

5.   Youtuber

Media Youtube yang kini naik daun bisa juga menjadi sumber penghasilan. Anda bisa memilih jadi Youtuber dengan berbagai konten-konten menarik. Seperti konten unik dan menarik mukbang, bermain game, jalan-jalan atau mengulik informasi tertentu.

Tidak berbeda jauh dari blogger, dibutuhkan ide-ide cemerlang dalam pembuatan konten. Tujuannya adalah untuk memperoleh lebih banyak subscriber dan jumlah like pada video konten. Anda juga akan memperoleh pendapatan dari iklan, program afiliasi, brand ambassador, dan masih banyak lagi.

Ide bisnis sejenis blogger dan Youtuber yang bisa jadi pilihan adalah vlogger, streamer atau publisher online. Anda bisa mencoba salah satu jika memiliki public speaking bagus dan percaya diri di depan kamera.

6.   Jasa Pembuatan dan Desain Website

Kini sudah menjadi zamannya teknologi yang membuat para pelajar dengan mudah membuat atau mendesain sebuah website. Situs di internet ini banyak dibutuhkan untuk mempromosikan produk, oleh karena itu tawaran untuk membuatnya pun cukup tinggi.

Apabila Anda memiliki keterampilan khusus membuat serta mengembangkan website maka kembangkan usaha ini. Keterampilan yang Anda miliki sudah memiliki nilai jual yang tinggi, tinggal bagaimana menerapkannya di depan klien. Sasaran yang paling mudah adalah UMKM di sekitar Anda.

7.   Jual Pulsa dan Layanan Pembayaran Tagihan

Tanpa modal, Anda bisa juga membuka layanan jual pulsa serta pembayaran tagihan. Anda bisa mengakses layanan marketplace untuk melakukan penjualan dan pembayaran. Pulsa apapun dan berapapun nominalnya telah tersedia, tinggal masukan nomor saja.

Pembayaran tagihan seperti  listrik, PDAM, atau BPJS pun bisa juga jadi layanan yang Anda jadikan bisnis pribadi. Bagus lagi jika Anda juga menjual kuota internet yang kini sudah seperti kebutuhan wajib manusia.

BACA JUGA :  SAMSUNG KEMBALI LUNCURKAN SMARTPHONE ENTRY LEVEL, SAMSUNG A03 CORE HADIR DI INDONESIA

Menjadi pelajar yang produktif akan memudahkan Anda. Baik dalam segi perekonomian yang tidak perlu bergantung 100% kepada orangtua, Anda juga akan memperoleh cukup banyak pengalaman. Sehingga, menerapkan ide bisnis untuk pelajar dapat Anda gunakan untuk meningkatkan bakat dan juga skill. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.