PEMKO MEDAN AJAK ASDEKI DUDUK BERSAMA DORONG EKONOMI DAERAH

oleh -
oleh
PEMKO MEDAN AJAK ASDEKI DUDUK BERSAMA DORONG EKONOMI DAERAH 1
Peserta Rakernas Asdeki foto bersama Wakil Walikota Medan, H Aulia Rahman.

Medan, (Dayak News)– Pemerintah Kota (Pemko) Medan mensupport semua kegiatan bisnis dalam mendorong perekonomian sehingga mampu memberikan kontribusi yang layak bagi pembangunan daerah ini.

“Semua pelaku usaha kami support, mudah-mudahan dapat meningkatkan kontribusinya bagi pembangunan kota Medan,” ujar Wakil Walikota Medan H Aulia Rahman dalam sambutannya saat membuka resmi Rakernas Asosiasi Depo Kontainer Indonesia (Asdeki) di Santika Hotel Medan, Kamis 3/2/2022.

Di hadapan sekitar 100 peserta Rakernas dari berbagai daerah di tanah air, Wakil Walikota Medan mengajak Asdeki duduk bersama untuk membahas masalah yang dihadapi pelaku usaha di daerah.ini.

“Bahkan Pemko Medan memiliki lahan yang luas di kawasan strategis sebagai lokasi kontainer,” tambah Aulia Rahman.

Ketua Umum DPP Asdeki Ari Karistianto menyebutkan, Asdeki sangat dekat dengan Medan hampir semua kegiatan digelar di Medan. Rakernas lima tahun lalu digelar di Medan dan kali ini juga di Medan.

Dia menilai kota Medan merupakan kota bisnis, industri, perdagangan dan sangat strategis dan kotanya terus berkembang.

“Asdeki juga merupakan mitra strategis pemerintah dan jembatan penghubung pebisnis. Asdeki kini memiliki 100 lebih anggota terdiri 8 DPW dan asosiasi ini terus berkembang. Bahkan bisnis depo ini sangat dinamis,” ujar Ari.

Sekjen Asdeki merangkap Ketua Panitia Rakernas Khairul Mahalli yang juga sebagai moderator mengatakan Asdeki merupakan binaan Kementerian Perhubungan yang terus berkiprah dalam dunia bisnis depo.

Kota Medan sebagai tuan rumah Rakernas menyampaikan apresiasi kepada seluruh peserta yang telah bersusah payah datang dari berbagai kota di Indonesia untuk membicarakan permasalahan yang dihadapi di daerah masing-masing.

“Kita sebagai mitra strategis pemerintah mari kita bekerja sama dan sama bekerja mengembangkan kapasitas usaha terutama dalam upaya percepatan arus barang Peti kemas berstandar nasional,” ucap Mahalli yang juga Ketua Umum Kadin Sumut.

BACA JUGA :  SOPIAN ADAMI,SH : BANGKITKAN KEMBALI KREATIVITAS SENIMAN TARI SEUDATI DI LHOK SEUMAWE

Tampil sebagai nara Ssumber : Dirjen Perhubungan Laut Kemenhub dengan topik pembahasan” Implementasi Pengusahaan Depo Peti Kemas sesuai dengan PM No. 59/2021″.

Dirjen Bea Cukai akan mengetengahkan masalah “Percepatan arus barang dengan optimalisasi NLE”, Direktur Utama PT. BKI membahas “Fungsi dan Peran PT BKI dalam Kelaikan Peti Kemas”, Dirut PT. PELINDO (Persero) berbicara tentang “Optimalisasi pelayanan kepelabuhanan pasca PT Pelindo merger” dan Ketua Umum DPP ALFI membicarakan “Tantangan dan Kinerja Logistik Indonesia.

Narasumber Agus Sudarmadi dari Dirjen Bea Cukai menjelaskan National Logistic Ecosystem (NLE) membangun sistem arus barang, arus uang. Masalahnya sudah banyak kebijakan.”Kita sudah banyak program bagaimana mengatasi kelangkaan kontainer,” kata dia.

Logistik lanjutnya yang menyelaraskan arus lalu lintas barang dan dokumen dari kedatangan sarana pengangkut hingga barang tiba di gudang, berorientasi pada kerja sama antar instansi pemerintah dan swasta.(BA/Den)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.