PERKEMBANGAN STATISTIK KALTENG APRIL-MEI 2023

oleh -
PERKEMBANGAN STATISTIK KALTENG APRIL-MEI 2023 1

Palangka Raya (Dayak News). Inflasi atau Indeks Harga Konsumen (IHK) gabungan antara Palangka Raya dan Sampit, pada bulan Mei 2023 dicatat oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Kalteng, sebesar 0,28 persen dengan IHK sebesar 117,09.

Dengan begitu inflasi tahun kalender (Mei 2023 terhadap Desember 2022) untuk gabungan kedua kota pantauan inflasi di Kalteng ini sebesar 1,25 persen. Sedangkan inflasi tahun ke tahun (Mei 2023 terhadap Mei 2022) sebesar 4,17 persen.

Demikian antara lain penyampaian Berita Resmi Statistik (BRS) dari kepala BPS Kalteng, Eko Marsoro, yang diumumkannya dari ruang Vicon kantornya, Senin (5/6) siang.

Secara nasional, dari 90 kota pantauan BPS terdapat 77 kota yang alami inflasi dan 13 kota alami deflasi (penurunan harga). Inflasi tertinggi Mei 2023 terjadi di Tanjung Pandan sebesar 1,28 persen dengan IHK sebesar 119,76. Sementara deflasi terendah terjadi di Kupang sebesar 0,79 persen dengan IHK sebesar 113,53.

PERKEMBANGAN STATISTIK KALTENG APRIL-MEI 2023 2

Dalam hal kebutuhan pokok dan bahan pangan, komoditas yang memberikan sumbangsih inflasi pada Mei 2023 antara lain kenaikan harga beras, daging ayam ras, bawang merah, semangka, ikan gabus, kangkung, bayam, ketimun, ayam hidup/ayam kampung, dan bawang putih.

Sedangkan sumbangsih deflasi diakibatkan oleh komoditas antara lain angkutan udara, minyak goreng, bahan bakar rumah tangga, cabai rawit, telepon seluler, sepatu anak, angkutan antar kota, mainan anak, udang basah, dan semen.

Pengaruh sesudah hari raya Idul Fitri menyebabkan masyarakat Palangka Raya tidak lagi melakukan pembelian pada kelompok perumahan, air, listrik, dan bahan bakar rumah tangga, dan pembelian pada kelompok transportasi.

Demikian juga di Sampit masyarakat juga tidak melakukan pengeluaran pada antara lain kelompok-kelompok transportasi, informasi, komunikasi, dan jasa keuangan, pakaian dan alas kaki, rekreasi, olahraga, dan budaya.

PERKEMBANGAN STATISTIK KALTENG APRIL-MEI 2023 3

Sedangkan dalam catatan April 2023, dari sudut perdagangan luar negeri Kalteng mengalami aktifitas ekspor senilai 560,81 juta dolar AS yang meningkat 19,76 persen dibanding Maret 2023. Sedangkan pada sisi impor daerah ini juga mengalami peningkatan pembelian dari luar negeri sebesar 75,96 persen atau senilai 5,93 juta dolar AS dibanding Maret 2023.

BACA JUGA :  TERLILIT UTANG HINGGA RP. 1 MILIAR, IBU HAMIL INI SAMPAI RELA JUAL GINJAL UNTUK BAYAR UTANGNYA

Komoditas-komoditas ekspor masih didominasi oleh batu bara, minyak kelapa sawit, emas bongkahan, bijih Zirkon, dan karet pada April itu.

Negara-negara utama tujuan ekspor itu adalah Jepang, India dan Tiongkok.

Sedangkan pada sisi impor daerah ini melakukan pembelian komoditas-komoditas mesin sortir sawit, pupuk, dan generator pembangkit listrik. Negara-negara utama yang menjadi asal aktifitas impor Kalteng itu adalah Tiongkok, Laos dan Vietnam. Dengan begitu terjadi surplus perdagangan luar negeri Kalteng dari neraca selama April 2023 sebesar 554,88 juta dolar AS.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.