FESTIVAL KULINER DI HUT KALTENG

oleh -13 views

Palangka Raya, 12/4/19 (Dayak News). Fesrival kuliner salah satu agenda kegiatan dalam Hari Ulang Tahun (HUT) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) tahun 2019.

Pemerintah Provinsi Kalteng saat ini tengah melakukan persiapan. Kegiatan itu digelar dalam rangkaian acara Kalteng Quality Expo.Jadwal acara diagendakan pada tanggal 29 April – 3 Mei 2019. Kalteng Quality Expo sendiri rencananya akan di gelar di Arena Pameran Temanggung Tilung, Palangka Raya.

Kalteng Quality Expo merupakan salah satu rangkaian acara menyambut HUT Kalteng yang ke-62.

Gubernur Kalteng H.Sugianto Sabran melalui Asisten II Sekda Kalteng, Nurul Edy mengatakan digelarnya kegiatan ini menandakan bahwa perayaan HUT kembali dilaksanakan di Kota Palangka Raya.

Selain menggelar Kalteng Quality Expo, Pemprov Kalteng juga akan menggelar sejumlah festival. Salah satu Festival Budaya Isen Mulang. “Pada festival ini nantinya akan diadakan juga festival kuliner khusus ikan yang menjadi ikon daerah masing-masing. Misalnya k
Kabupaten Kotim dengan ikan Jelawatnya, Seruyan dengan ikan Pipihnya, Kapuas dengan ikan b
Bapuyu, pulang Pisau dengan Gabus, Palangka Raya ikan Tapah, dan Katingan dengan ikan lais,” ujar Nurul Edy.

Ia juga menambahkan konsep acara sendiri lebih kepada pengembangan kreatifitas kuliner menggunakan bahan yang tidak menggunakan micin dan kaldu ayam hanya menggunakan garam dan bumbu khas Kalteng.

“Karena kegiatan ini dilaksanakan pada bulan puasa, maka hidangan ikan ini akan menjadi salah satu sajian buka puasa bersama,” jelasnya.

Pemerintah provinsi melalui Dinas Pariwisata Kalteng terus berupaya mempromosikan rangkaian HUT Kalteng dalam rangka meningkatkan angka wisatawan ke Kalteng.

Secara keseluruhan dari data Dinas Pariwisata, angka kunjungan wisatawan mancanegara yang masuk ke Kalteng terus meningkat dan berdampak pada peningkatan pendapatan bagi mayarakat baik kuliner, angkutan, penginapan dan termasuk pelaku UMKM. (Dayak News/nic/BBU).

BACA JUGA :  PEMKO BANTU KORBAN KEBAKARAN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *