2019 DI TEWAH DAN NAPOI DIBANGUN PASAR

oleh -37 views
2019 DI TEWAH DAN NAPOI DIBANGUN PASAR 1

Kuala Kurun, Dayak News. Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Gunung Mas (Gumas), Kalimantan Tengah (Kalteng), Yulianus H Umar mengatakan, terdapat dua Kecamatan di Gumas dalam tahun 2019 ini akan dibangun pasar baru.

Dalam percakapan dengan wartawan di Kuala Kurun, Kamis (24/1/19),Yulianus H Umar, mengatakan, dalam tahun ini akan dibangun pasar di Kelurahan Tewah, Kecamatan Tewah dan Kelurahan Napoi Kecamatan Miri Manasa.
Dikatakan, anggaran pembangunan pasar dari dana DAK (Dana Alokasi Kusus).Untuk Kelurahan Tewah dianggarkan kurang lebih Rp 2 miliar dan Kelurahan Napoi Rp 1,2.
“Pembangunannya melalui tahapan,mulai perencanaan dengan dibuat gambar dan RAB (rincian anggaran biaya),dilanjutkan tahap pelelangan, kemudian pelaksanaan pekerjaan oleh kontraktor pemenang lelang.Kita harap triwulan dua pekerjaan sudah dimulai,” lanjutnya.
Pasar yang nantinya sudah terbangun di Kelurahan Tewah dan Kelurahan Napoi,diharapkan dapat meningkatkan perekonomian warga melalui pendapatan yang diperoleh dari berdagang.
“Tewah dan Napoi kita harap makin berkembang dengan bangunan pasar itu nantinya.Untuk pedagang dipasar itu,kita utamakan warga lokal,sisanya warga pendatang.Warga lokal yang berdagang dipasar itu nantinya kita harap ulet dan ramah terhadap pembeli,sebab kunci sukses berdagang adalah keuletan dan keramahan,” imbuhnya.
“Blok pasar di pasar Tewah dan Napoi nantinya juga disewakan dengan biaya sewa yang tidak memberatkan pedagang dan sudah diatur dalam Perpub(Peraturan Bupati),” ucapnya.
“Pasar yang ada di beberapa Kecamatan di Gumas,blok yang ada juga disewakan,seperti pasar di Kecamatan Sepang,biaya sewa bloknya setahun Rp 3,6 juta,” tambahnya.
Dijelasnya,tahun 2018 dibangunan pasar di desa Teluk Nyatu,Hurung Bunut,Tumbang Marikoi,Tumbang Miri dan Tumbang Rahuyan.Tahun 2017 di Tumbang Talaken dan tahun 2016 di Kelurahan Kampuri dan Sepang.(Dayak News/PR/BBU).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *