PELATIHAN PENGELOLA KEARSIPAN DI GUMAS

oleh -26 views

Kuala Kurun, 3/5/19 (Dayak News). Pengelola kearsipan di Kabupaten Gunung Mas (Gumas) diberikan pelatihan secara khusus.

Kearsipan merupakan makna yang sangat penting guna lebih meningkatkan pengetahuan ketrampilan para pengelola kearsipan dan juga sebagai salah satu wujud kepedulian pemerintah.
Mengingat hal ini, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Gumas, mengadakan pelatihan pengelolaan kearsipan se Kabupaten Gumas di Aula GPU Tampung Penyang Kuala Kurun, Kamis (2/4/19). Pelatihan yang berlangsung selama dua hari mulai tanggal, 2 dan 3 Mei 2019, diikuti oleh 50 peserta dari perwakilan OPD di Kabupaten Gumas.
Menurut laporan Plt. Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Gumas Salampak Haris, S.Sos mengatakan, pelatihan ini merupakan, proses pembuatan sarana bantuan penemuan kembali arsip statis berdasarkan kaidah-kaidah kearsipan.
Pengolahan arsip statis akan menghasilkan sarana bantu penemuaan arsip statis berupa daftar arsip statis, inventaris arsip dan guide arsip statis.
Dikatakan, mengingat ilmu pengetahuan dan ketrampilan tentang manajemen sistem kearsipan nasional melalui petugas pengelola kearsipan di masing-masing perangkat daerah dan Kecamatan di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Gumas.
Tujuan pelatihan ini, agar ke depan terwujutnya pelayanan publik di bidang kearsipan yang tertib, cepat, berkualitas, akuntabel melalui pengelolaan arsip yang baik dan benar, terukur dan dapat dipertanggungjawabkan,” ungkapnya.
Bupati Gumas, dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Sekda Kabupaten Gumas Drs. Yansiterson, M.Si menyampaikan pengelolaan kearsipan dalam penyelenggaraan pemerintah merupakan salah satu tolak ukur dalam penilaian keberhasilan pemerintah, dan pemerintah daerah saat ini, karena pengelolaan kearsipan merupakan salah satu item penilaian dalam proses reformasi birokrasi.
Saya minta agar peserta benar-benar dapat memahami Fungsi, peran, etika, kode etik maupun sanksi sebagai petugas kearsipan sehingga dapat terwujud pengelolaan arsip yang akurat, efisien dan efektip dan dapat dipertanggungjawabkan,” tambahnya mengakhiri sambutan sekaligus membuka pelatihan secara resmi.
Sebagai Narasumber kegiatan tenaga fungsional Arsiparis dari Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Kaltemg sebnayakdua orang, Madiyo, S.Pd dan Lia Melani, S.IP, serta dihadiri Kepela OPD serta undangan terkait lainnya.(Dayak News/AI/BBU).

BACA JUGA :  GUMAS MEMILIKI PUSPAGA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *