KAHARINGAN LAKUKAN SAFARI DI GUMAS

oleh -22 views

Kuala Kurun, 10/5/19 (Dayak News).Warga Umat Hindu Kaharingan bersama Pemerintah Kabupaten (Penkab) Gunung Mas (Gumas) menggelar acara Safari Haring Kaharingan di Desa Tbg.Oroi Kecamatan Manuhing Raya. Kegiatan bertempat di Balai Basarah Penyang Hadurut, Kamis (09/5/19) sore.


Dalam acara Safari itu, Pemkab memberikan bantuan berupa uang secara simbolis. Disampaikan oleh Asisten I Setda Gumas Ambo Jabar sebesar Rp 47 juta Kepada pengurus Balai Agama hHindu Kaharingan Tumbang Oroi, untuk tahap pembangunan Balai Basarah Penyang Hadurut.

Bupati Gumas dalam sambutannya disampaikan oleh Asisten I Setda Drs.Ambo Jabar,M.Si mengatakan, peran penyuluh agama Hindu Kaharingan, Mantir Basarah, supaya bisa merangkul umat agama Hindu Kaharingan yang tidak aktif dalam kegiatan bBasarah maupun dalam kegiatan Safari Haring Kaharingan agar hadir meluangkan waktu cuma sebentar, kita perlu belajar dari umat Agama lain yang sudah maju.
Oleh sebab itu, saya berharap untuk tahun yang akan datang jangan lengah dan berpikir dengan budaya yang merugikan, kita harus berani keluar dari ruangan tertutup yang dapat menghambat tekat kita, karena tidak ada orang yang bisa memajukan kita kecuali kita sendiri, “seluruh umat Hindu Kaharingan punya tekad dan kemauan yang sama serta dapat menjadi berkah dan hikmah bagi kita semua,” ujarnya.

Pemerintah mempunyai kewajiban untuk membina umat beragama di Indonesia, termasuk yang berada di Kabupaten Gumas, salah satu bentuk kegiatan, Pemerintah juga dapat melakukan pembinaan seluruh lembaga Agama, dan membina umat beragama dengan cara safari, yaitu program pemerintah melakukan kunjungan kerja dalam rangka hari raya masing-masing agama.
“Saya berharap, kepada umat Hindu Kaharingan supaya menyekolahkan anak dengan baik sampai ke jenjang yang lebih tinggi karena itu adalah tugas dan peran orang tua yang lebih besar, jangan berharap kita serahkan tanggungjawab kepada pihak sekolah, sehebat apapun seorang guru terbatas untuk mendidik mereka,” ucapnya.
Sementara itu, Camat Manuhing Raya Simpun, S.Pd berkesemoatan menyampaikan sambutannya mengatakan, pada dasarnya umat beragama di Kecamatan Manuhing Raya berjalan dengan baik, saling menghormati kompak sehingga antar umat beragama saling mendukung, saling bekerjasama semoga apa yang terjalin selama ini bisa tetap kokoh dan semakin solid tidak dapat terpecah-belah oleh pengaruh arus kemajuan jaman, katanya.
Adapun yang mengahadiri acara tersebut Asisten I Setda Ambo Jabar, Camat Manuhing Raya Simpun,S.Pd, Ketua Majelis Besar Agama Hindu Kaharingan ODE, S.Pd, Kepala Dinas Perikanan Trinayati, Kabag Kesra Tito Andreas, rombongan Pemerintah Kabupaten Gumas, masyarakat setempat, dan tamu undangan lainnya.(Dayak News/AI/BBU).

BACA JUGA :  H.RUSLAN EFFENDI DITEMUKAN TEWAS MENGENASKAN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *