JAYA S MONONG INGATKAN PARA DAMANG HARUS BISA BERSINERGI BERSAMA PEMERINTAH

oleh -
oleh
JAYA S MONONG INGATKAN PARA DAMANG HARUS BISA BERSINERGI BERSAMA PEMERINTAH 1

Kuala Kurun, 13/12/19 (Dayak News). Ketua Dewan Adat Dayak (DAD) Kabupaten Gunung Mas (Gumas) Jaya S Monong mengingatkan para damang harus bisa bersinergi dengan pihak pemerintah dalam menjalankan tugas.

Kepala adat adalah pimpinan adat dari satu kademangan yang diangkat atau dipilih berdasarkan hasil pemilihan dari beberapa desa dan kecamatan yang masuk dalam wilayah kademangan tersebut.

Keberadaan Damang dalam satu wilayah memiliki peran yang strategis sebagai mitra pemerintah.

Dikatakan, peran damang sangat strategis sebagai mitra pemerintah, khususnya pemerintah kecamatan di wilayah kademangannya dalam hal menangani permasalahan adat istiadat yang ada di kecamatan.

Menurut Jaya S Momong yang juga Bupati Gumas itu, seorang damang memiliki beberapa tugas, yakni melestarikan, mengembangkan dan memberdayakan adat istiadat dan kebiasaan-kebiasaan yang berfungsi sebagai penegak hukum adat dayak pada wilayah kedamangannya.

Pada kesempatan itu, dia berharap kepada damang kepala adat yang baru dilantik, untuk dapat menjalin kerjasama yang baik dengan pemerintah kecamatan, dewan adat dayak kecamatan serta para mantir adat yang ada di wilayahnya.

Dalam kesempatan yang baik ini saya juga perlu mengingatkan agar saudara damang kepala adat memahami tugas pokok dan fungsi serta posisinya. Hal ini agar tidak terjadi benturan dengan aparat penegak hukum lainnya, kata Jaya S Monong.(AI/Den).

BACA JUGA :  PUJO HARIANTO: SAYA YAKIN MASYARAKAT JAWA DI KALTENG BANYAK BERPIHAK KE BEN/UJANG

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.