TAHUN 2019, 536 KK MENDAPAT BANTUAN PROGRAM HIBAH AIR LIMBAH DI GUMAS

oleh -
oleh
TAHUN 2019, 536 KK MENDAPAT BANTUAN PROGRAM HIBAH AIR LIMBAH DI GUMAS 1

Kuala Kurun, 14/1/20 (Dayak News). Seumlah 536 Kepala Keluarga (KK) dalam tahun 2019 di Kabupaten Gunung Mas (Gumas) mendalat bantuan berupa kloset dan septic tank melalui program hibah air limbah dari dana APBN.

Masyarakat yang mendapat bantuan terdapat di Kelurahan Kuala Kurun dan Tampang Tumbang Anjir, Kecamatan Kurun.

”Total ada 536 KK yang mendapatkan bantuan dari program itu. Kelurahan Kuala Kurun ada 392 KK dan Tampang Tumbang Anjir 144 KK,” kata Pelaksana Kegiatan pada Program Hibah Air Limbah Setempat Nuning Herawati, Selasa (14/1).

Dia mengatakan, program hibah air limbah diperuntukkan bagi rumah tangga yang ada di perkotaan, dengan prioritas masyarakat yang kurang mampu. Tujuan utamanya adalah untuk penyehatan lingkungan pemukiman, agar tidak mencemari air tanah.

”Dari pemerintah pusat memberikan dana Rp 3 juta berupa bantuan kloset dan septic tank untuk setiap KK, lalu dipasang oleh kontraktor pelaksana, dan bisa langsung dinikmati masyarakat,” ucap Mantan Kasi Air Bersih dan Penyehatan Lingkungan pada Dinas Pekerjaan Umum (DPU) setempat.

Dikatakan, untuk mendapatkan bantuan dari program itu, terlebih dahulu dilakukan pendataan, kemudian dibuat Rencana Anggaran Biaya (RAB), dan diusulkan ke Pemerintah Pusat. Selanjutnya, dari pusat akan mengecek kembali, apakah ada nama yang ganda atau tidak. Lalu, pihak konsultan melakukan foto koordinat, foto rumah, dan pemasangan stiker di rumah warga tersebut.

”Setelah proses itu, keluar surat perintah pelaksanaan pemasangan, yang pada 2019 lalu dilakukan Bulan September hingga Oktober. Selesai pemasangan, dilakukan verifikasi, apakah sudah terpasang, berfungsi atau tidak, dan sesuai spesifikasi dan jenis,” terangnya.

Dia menuturkan, untuk tahun 2020, pihaknya telah mengusulkan bantuan untuk mendapatkan program serupa. Sebenarnya yang dianggarkan hanya untuk 600 KK, tetapi dari DPU mengusulkan 1.000 KK yang mendapatkan bantuan program.(AI/BBU)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.