TP-PKK DUKUNG PROGRAM PERTANIAN DI GUMAS

oleh -21 views

Kuala Kurun, 30/6/2020 (Dayak News). TP-PKK Kabupaten Gunung Mas (Gumas) terus meningkatkan sinergisitasnya dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gumas untuk terus mendukung program pembangunan.

Hal itu tampak dalam langkah seirama Bupati Gumas Jaya Samaya Monong dan Ketua TP-PKK Kabupaten Gumas, Mimie Mariatie Jaya S. Monong , dalam rangka mendukung Program Pertanian menuju keterwujudan Ketahanan Pangan di Kabupaten baru-baru ini.

Langkah senergi dalam hal membagikan Pupuk Kandang, Alat Semprot Pertanian, Insektisida di Kecamatan Sepang dan Kecamatan Mihing Raya.
Upaya itu, merupakan wujud bersama dalam rangka mendukung Program Smart Agro. Bantuan ini murni dari pribadi Bupati Gumas dan Ketua TP- PKK Gumas.

“Dukungan alat pertanian dan pupuk ini, dalam rangka kita bersama untuk bisa terus menggalakkan Program Pertanian di kedua Kecamatan ini. Dimana ditengah pandemi ini kita ingin wujudkan Ketahanan Pangan di Kabupaten Gumas, mudah-mudahan bantuan ini dapat bermanfaat dan dapat dipergunakan dengan sebaik-baiknya,” ucap Jaya S Monong.

Sementara itu, Ketua TP-PKK Gumas, Mimie Mariatie Jaya S. Monong , mengatakan bahwa PKK Gumas,dalam rangka mendukung Ketahanan Pangan dan juga Program Smart Agro, dimana didalam PKK ada program Dasawisma yang merupakan Program Kerja PKK mulai dari Pusat sampai ke Desa, yang terdiri dari kelompok ibu dari 10 kepala keluarga (KK), yang melakukan aktivitas bermanfaat bagi keluarga.

”Dasawisma adalah program dari TP-PKK untuk bercocok tanam di lahan pekarangan, beternak, dan membuat kerajinan tangan. Kami mewajibkan seluruh TP-PKK Kecamatan, Kelurahan, dan Desa untuk membentuk kelompok Dasawisma,” ucap Ketua TP-PKK Kabupaten Gumas Momie Mariatie Jaya S. Monong.

Ditambahkannya, untuk lahan pekarangan, kelompok Dasawisma bisa menanam tanaman yang bermanfaat seperti jahe dan sayuran. Hasilnya bisa dikonsumsi sendiri, dan juga dijual untuk menambah penghasilan keluarga. Selain itu, Dasawisma juga bisa bermanfaat bagi anak untuk mendapatkan gizi yang lebih baik.

BACA JUGA :  MASYARAKAT SAMBUT BAIK JEMBATAN GANTUNG DI GUMAS

”Program Dasawisma lebih kepada Ketahanan Pangan, dimana juga bisa untuk pencegahan Covid-19. Sebagai bentuk pembinaan terhadap program Dasawisma, dari TP-PKK Kabupaten akan terus melakukan pemantauan setiap kegiatan Dasawisma mulai dari Tingkat Kecamatan, Kelurahan, hingga ke Desa,”pungkasnya.(AI/Den).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *