72 PESERTA DIDIK DI GUMAS IKUTI SELEKSI PASKIBRAKA

oleh -12 views
72 PESERTA DIDIK DI GUMAS IKUTI SELEKSI PASKIBRAKA 1
Sekretaris Disdikpora Kabupaten Gumas Rosalia menyematkan tanda peserta kepada perwakilan yang akan mengikuti seleksi calon anggota paskibraka pada tingkat kabupaten dan Provinsi Kalteng tahun 2021, di GPU Tampung Penyang, Senin (29/3).

Kuala Kurun (Dayak News) – Pelaksanaan seleksi calon anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tingkat Kabupaten Gunung Mas (Gumas) dan Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) tahun 2021 resmi dimulai. Ada 72 orang peserta didik dari Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), dan Madrasah Aliyah (MA) yang mengikuti seleksi ini.

”Yang mengikuti seleksi calon anggota paskibraka adalah mereka yang terpilih dari hasil seleksi yang dilakukan di SMA/SMK dan MA, pada setiap kecamatan beberapa waktu yang lalu,” ucap Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan, dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Gumas Esra, melalui Sekretaris Rosalia, di GPU Tampung Penyang, Senin (29/3) sore.

Dia mengatakan, kegiatan seperti ini sudah menjadi agenda tahunan yang bukan hanya menjadi rutinitas belaka, tetapi merupakan salah satu alat untuk membentuk karakter generasi muda yang cerdas, terampil, disiplin, tanggung jawab, serta memiliki rasa cinta kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

”Seleksi ini dimaksudkan untuk mempersiapkan mereka agar menjadi pemuda-pemudi yang handal dan berkemampuan tinggi, dalam hal kebersamaan yang kompak sebagai satu kesatuan yang bersatu dalam paskibraka,” ujarnya.

72 PESERTA DIDIK DI GUMAS IKUTI SELEKSI PASKIBRAKA 2

Dia menuturkan, dengan mengikuti seleksi calon anggota paskibraka, berarti menambah rangkaian rajutan positif dalam sejarah hidup, sehingga menjadi kenangan manis dikemudian hari. Untuk itu, mereka harus mengikuti seleksi dengan penuh perhatian, ikuti secara seksama dan penuhi berbagai ketentuan yang telah ditetapkan panitia dan pelatih/instruktur.

”Kita harus bangga menjadi orang yang terpilih dan mendapat kesempatan dalam tugas yang mulia sebagai calon anggota paskibraka tahun ini. Untuk itu, manfaatkanlah kesempatan ini dengan sebaik-baiknya,” tutur Rosalia.

Sementara itu, Ketua Panitia yang juga Kabid Kepemudaan Siren menuturkan, seleksi calon anggota paskibraka tahun 2021 ini bertujuan untuk menghimpun dan membina agar menjadi peserta didik berjiwa Pancasila, setia dan patuh pada NKRI, serta menjadi pandu ibu pertiwi.

”Selain itu, akan membina watak, kemandirian, profesionalisme, memelihara dan meningkatkan rasa persaudaraan, kekeluargaan, persatuan dan kesatuan, mewujudkan kerjasama yang utuh serta jiwa pengabdian kepada bangsa dan negara, serta membentuk karakter yang tangguh, tanggap, dan tangkas,” ujar Siren.

Adapun rincian calon anggota paskibraka yang mengikuti seleksi adalah, SMAN 1 Kurun 29 orang, SMKN 1 Kurun enam orang, SMAN 2 Kurun dua orang, SMA Katolik dua orang, MA Nurul Yaqin satu orang, SMAN 1 Tewah tujuh orang, SMAN 1 Rungan lima orang, SMAN 1 Rungan Barat tiga orang.

Kemudian, SMAN 1 Manuhing dua orang, SMAN 1 Manuhing Raya satu orang, SMAN 1 Sepang enam orang, SMAN 1 Mihing Raya dua orang, SMKN 1 Mihing Raya dua orang, SMAN 1 Kahayan Hulu Utara dua orang, dan SMAN 1 Damang Batu dua orang.

”Nantinya, seleksi akan dilaksanakan selama dua hari yakni 29-30 Maret, yang bertempat di Lapagan Olahraga Isen Mulang Kuala Kurun,” terangnya.

Dia menambahkan, untuk penilaian seleksi calon anggota paskibraka, yakni memiliki akhlak, sehat jasmani dan rohani, memiliki kemampuan berbahasa Inggris minimal pasif, memiliki kemampuan fisik dan mental yang kuat, bukan perokok dan pecandu narkoba, dan memiliki kemampuan dasar baris berbaris.

”Kami ingin para peserta seleksi calon anggota paskibraka dapat bertanggung jawab penuh dengan tugas, utamakan kedisiplinan, dan menjalin kerjasama yang baik, sehingga kegiatan seleksi dapat terlaksana dengan baik dan lancar,” tandasnya. (PR/AI)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *