BAWANG DAYAK, KONSUMSI MENJADI OBAT PRODUK GUMAS

oleh -
oleh
BAWANG DAYAK, KONSUMSI MENJADI OBAT PRODUK GUMAS 1

Kuala Kurun, 22/10/19 (Dayak News). Banyak keariban lokal Bumi Kalimantan mengandung khasiat menjadi obat.Bawang Dayak dikenal dalam bahasa Dayak Ngaju dengan bawang lemba diyakini sangat ampuh untuk menurunkan kolestrol.

Bagi masyarakat Desa Tumbang Pasangon, Kecamatan Kahayan Hulu Utara (Kahut), Kabupaten Gunung Mas (Gumas) yang menjadi binaan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) bidang Pemberdayaan Masyarakat bawang dayak dijadikan bahan baku pembuatan kerupuk yang kini menjadi produk unggulan desa.

”Dengan memanfaatkan bahan baku lokal, masyarakat disana mampu menghasilkan produk unggulan desa, berupa kerupuk bawang lemba (bawang dayak),” ucap Kepala DPMD Kabupaten Gumas Yulius Agau melalui Kasi Pemberdayaan Masyarakat Pedesaan Novi Rela, Senin (21/10) pagi.

Dikatakan, selain untuk dikonsumsi, lanjut dia, produk olahan rumah tangga berupa cemilan kerupuk tersebut, juga memiliki berbagai macam khasiat yang sangat baik untuk kesehatan masyarakat.

”Cemilan berupa kerupuk ini berkhasiat untuk menurunkan kadar kolesterol, hipertensi atau tekanan darah tinggi dan lainnya,” ujar Novi.

Dikatakan, bawang Dayak tersebut juga sudah mulai dibudidayakan oleh masyarakat Desa Tumbang Pasangon. Ini memang harus dilakukan, agar nantinya mereka tidak akan kesulitan untuk mendapatkan bahan baku.

”Dengan adanya produk unggulan dari Desa Tumbang Pasangon ini, kita harapkan bisa menjadi pemacu semangat bagi masyarakat desa lainnya untuk menghasilkan produk unggulan bagi desa mereka masing-masing,” pungkasnya.(AI/BBU).

BACA JUGA :  BUPATI AMBIL SUMPAH JANJI PNS DI LINGKUNGAN PEMKAB GUMAS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.