BUPATI GUNUNG MAS SAMBUT KUNJUNGAN ROMBONGAN KAJATI

oleh -
oleh
BUPATI GUNUNG MAS SAMBUT KUNJUNGAN ROMBONGAN KAJATI 1
Bupati Gunung Mas (Gumas) Jaya Samaya Monong menyambut kedatangan dari rombongan Kejaksaan Tinggi Provinsi Kalimantan Tengah di Gedung Pertemuan Umum (GPU) Damang Batu Kuala Kurun, Rabu (22/2).

Kuala Kurun (Dayak News) – Bupati Gunung Mas (Gumas) Jaya Samaya Monong menyambut kedatangan dari rombongan Kejaksaan Tinggi Provinsi Kalimantan Tengah di Gedung Pertemuan Umum (GPU) Damang Batu Kuala Kurun, Rabu (22/2).

Sesampainya rombongan ditempat, disambut dengan tarian selamat datang Kalimantan Tengah. Kemudian dilanjutkan pengalungan manas oleh Bupati Gumas Jaya Samaya Monong kepada Kajati, Pathor Rahman beserta istri dan dilanjut dengan acara potong pantan yang dipandu oleh damang Kurun Yehuda I Emun.

“Mohon maaf ini ada sedikit halangan sebelum bapak masuk, ini merupakan adat Dayak apabila ada pejabat yang datang berkunjung akan dilaksanakan potong pantan menggunakan mandau alat pusaka adat dayak,” ungkap Damang.

Kemudian dalam pemotongan akan diberikan pertanyaan oleh Damang dan harus dijawab dengan singkat oleh Kajati. Dalam tebasan pertama Kajati diminta untuk memperkenalkan diri. Pada tebasan berikutnya Kajati diminta untuk memberitahukan tujuan kedatangannya ke Kabupaten Gunung Mas.

BUPATI GUNUNG MAS SAMBUT KUNJUNGAN ROMBONGAN KAJATI 2

“Tujuan saya tujuan baik, untuk bertemu dan bersilahturahmi bersama dengan masyarkat di Gunung Mas,” ungkap kajati mengikuti proses acara adat potong pantan.

Setelah pemotongan pantan selesai dilakukan rombongan kemudian mengikuti proses mamapas atau tampung tawar (membersihkan diri) yang bertujuan untuk menghilangkan segala marabahaya dari driri, agar tujuan hidup dapat tercapai.

Kajati Pathur Rahman menyampaikan terima kasih atas sambutan dari pemerintah Gunung Mas terhadap rombongan dengan menggelar berbagai acara adat. Ia menjelaskan tujuan rombongan tersebut merupakan sebuah kunjungan kerja serta menjalin silahturahmi dengan pemda Gumas.

“Saya Pathur beserta istri dan rombongan Kejaksaan Tinggi Provinsi Kalimantan Tengah, kedatangan kami kesini ada perjalanan kerja sekaligus menjalin silahturahmi kepada Pemda dan Masyarakat Gunung Mas. Terima kasih atas sambutan yang digelar, saya berharap seluruh masyarakat Gunung Mas diberikan kesetaraan, kesejahteraan dan kesehatan,” ungkapnya.

BACA JUGA :  PELETAKAN BATU PERTAMA PEMBANGUN GEREJA KAPAKAT, INI HARAPAN BUPATI GUMAS

Sementara itu Bupati Gunung Mas Jaya Samaya Monong mengungkapkan bahwa pemda Gumas mengapresiasi dan sangat menyambut baik kunjungan dari rombongan tersebut. Jaya juga menawarkan kan tempat-tempat wisata yang ada di Gunung Mas agar dapat dikunjungi oleh rombongan Kajati.

“Terimakasih atas kunjungan ke Gunung Mas, semoga dengan acara ini dapat mempererat tali silaturahmi kita serta hubungan baik kedepannya,” pungkasnya. (HI).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.