DAMANG HARUS BIJAK MENGAMBIL KEPUTUSAN YANG BERHUBUNGAN DENGAN ADAT

oleh -
oleh
DAMANG HARUS BIJAK MENGAMBIL KEPUTUSAN YANG BERHUBUNGAN DENGAN ADAT 1
Bupati Jaya dan Wabup Efrensia LP Umbing foto bersama Damang Tewah Yudi Evin T Umbin, Camat Tewah Hendra Surya dan Ketua Harian DAD Herbert Y Asin. (foto/Ist)

Kuala Kurun (Dayak News) – Bupati Gunung Mas Jaya berpesan agar Damang dapat bijak dalam mengambil keputusan-keputusan yang berhubungan dengan hukum adat istiadat yang berlaku, sehingga tercipta kedamaian dan ketentraman di lingkungan masyarakat, keluarga, pemerintah, bangsa dan negara pada umumnya.

Hal itu disampaikan Bupati Gunung Mas, Jaya S Monong saat melantik Damang Kepala Adat Kecamatan Tewah, Yudi Evin T Umbing di Aula Kantor Camat Tewah, Senin (8/8).

Jaya juga menyatakan, pemerintah dan kelembagaan adat Dayak di Kalimantan Tengah (MADN, DAD, Damang, Mantir dan lainnya) harus bersinergi satu dengan yang lain dalam menghadapi tantangan era globalisasi.

“Hari ini dan ke depan adalah tidak mungkin Damang sanggup untuk bertanggung jawab sendiri atas nama Dayak menghadapi perubahan yang dahsyat itu, terutama dalam menghidupkan kembali sistem hukum adat,” ujarnya.

Menurutnya, adalah tugas yang berat namun mulia bagi DAD, Damang, dan Mantir Adat untuk dapat melestarikan hukum adat agar semakin dikenal, dipahami dan dihormati oleh masyarakat Dayak sendiri.

“Sangat diperlukan adanya kebersamaan, kerja sama dan koordinasi yang baik antara Damang Kepala Adat, Mantir maupun dengan instansi terkait secara khusus dengan pemerintah daerah,” tegasnya.

Sementara itu, Evin menegaskan, dirinya akan membangun hubungan kerja dan komunikasi yang baik dengan semua masyarakat Kecamatan Tewah, Pemerintah Kabupaten Gunung Mas, lembaga legislatif, camat, lurah dan kepala desa, BPD, serta pelaku usaha yang ada di Kecamatan Tewah.

“Program jangka pendek, saya akan melakukan penataan struktur lembaga kedamangan yang baik didukung oleh personil yang profesional, serta menyiapkan sarana prasarana untuk mendukung tercapainya kesejahteraan personil,” katanya.

BACA JUGA :  BUPATI GUNUNG MAS JAYA S MONONG UCAPKAN SELAMAT IDULFITRI DAN AJAK MASYARAKAT MEMPERKUAT SILATURAHMI

Program jangka menengah, sambung Evin, dia akan melakukan upaya-upaya yang dapat menyentuh lapisan masyarakat, dan melakukan kontrol dan memastikan bahwa koordinasi dengan seluruh perangkat Mantir Adat di kelurahan dan desa supaya berjalan dengan baik.

“Dalam jangka panjang, saya akan memperjuangkan tersedianya lahan untuk kantor lembaga kademangan, dan tersedinya fasilitas kantor lembaga kademangan yang mandiri,” tutupnya. (ist)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.