DIBINA MASYARAKAT PEDULI API DI GUMAS

oleh -5 views
DIBINA MASYARAKAT PEDULI API DI GUMAS 1

Palangka Raya, 15/9/2020 (Dayak News).

Dinas Kehutanan (Dishut) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), melalui Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kesatuan Pengelolaan Hutan Produksi (KPHP) Kahayan Hulu menggelar kegiatan pembentukan, pembinaan, serta pelatihan bagi Masyarakat Peduli Api (MPA) di Kelurahan Kuala Kurun.

”Pembentukan, pembinaan, dan pelatihan MPA Kelurahan Kuala Kurun ini sebagai upaya meningkatkan daya dukung lingkungan tetap terjaga, sehingga luas areal kebakaran hutan dan lahan dapat tertangani secara cepat dan tepat,” ucap Kepala UPT-KPHP Kahayan Hulu Rakhmad Kurnedy, Senin (14/9/2020).

Dia mengatakan, MPA merupakan masyarakat yang secara sukarela peduli dan dapat diberdayakan untuk membantu dalam pengendalian kebakaran hutan dan lahan. Diharapkan kepada MPA yang dibentuk ini dapat lebih bersemangat dan menjaga kondisi kesehatan.

”Nantinya, tugas yang diemban oleh MPA ini cukup berat, karena mereka akan menjaga agar wilayah dan lahan yang ada di Kelurahan Kuala Kurun ini bebas asap,” tuturnya.

Dalam upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan, lanjut dia, diperlukan peran serta dari semua pihak untuk lebih peduli terhadap lingkungan, sehingga bebas dari kebakaran.

”Sudah menjadi tanggung jawab kita semua dalam upaya mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan di wilayahnya masing-masing,” tegasnya.

DIBINA MASYARAKAT PEDULI API DI GUMAS 2

Sementara itu, Ketua Panitia Helfree Tangkas menuturkan, pembentukan MPA ini bertujuan untuk meningkatkan peran serta atau keterlibatan masyarakat dalam pengendalian kebakaran hutan dan lahan, sebagai upaya peningkatan monitoring pencegahan kebakaran hutan di dalam kawasan.

”Untuk peserta merupakan masyarakat yang secara sukarela peduli terhadap pengendalian kebakaran hutan dan lahan, serta dapat diberdayakan untuk membantu pengendalian kebakaran hutan dan lahan,” ujarnya.

Dia menambahkan, dalam kegiatan pembentukan, pembinaan, serta pelatihan bagi MPA yang digelar selama dua hari yakni 14-15 September ini, bertindak sebagai narasumber yaitu dari UPT-KPHP Kahayan Hulu, Dinas Kehutanan Provinsi Kalteng, serta dari Balai Pemantauan Pengendalian Iklim Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI. (Pr/AI/BBU).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *