DIRESMIKAN RUMAH PINTAR PEMILU 2019 DI GUMAS

oleh -
oleh

Kuala Kurun, Dayak News.


Rumah pintar pemilu Kabupaten Gunung Mas (Gumas) diresmikan oleh Ketua KPU Provinsi Kaliman Tengah (Kalteng) Harmain Ibrohim, M.PD.I, Jumat (28/12/18).
Rumah pintar pemilu ini dibuka untuk masyarakat umum dengan berbagai refrensi tentang pemilu. Diantaranya sejarah pemilu pertama tahun 1955 sampai dengan pemilu selanjutnya, termasuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Gumas. Selain sejarah pemilu, ada juga refrensi lain yang disediakan di rumah pintar pemilu.
Peresmian rumah pintar pemilu ini dihadiri, Bupati Gumas Drs. Arton S. Dohong, Ketua DPRD Kabupaten Gumas Drs. Gumer, Wakil Ketua DPRD Punding Merang, S.Sos, Kapolres Gumas AKBP Yudi Yuliandin, S.I.K, Ketua KPU Kabupaten Gumas Stepenson, Ketua Banwaslu Gumas Walman Tristianto dan anggota, pengurus partai politik (Parpol), serta Siswa SMAN 1 Kurun.
Ketua KPU Kabupaten Gumas Stepenson dalam sambutannya mengatakan, rumah pintar pemilu merupkan upaya konsep pendidikan pemilih dengan memanfaatkan ruang atau pun bangunan yang dilengkapi sarana dan prasarana, yang berisi seluruh informasi terkait dengan kepemiluan berupa buku dan riset-riset terkait sejarah Pilkada Kabupaten Gumas
“Rumah pintar pemilu ini juga untuk mengedukasi kepada para pemilih pemula dan masyarakat umum dalam pentingnya berdemokrasi memilih pemimpin baik pusat maupun daerah,” ujar Stepenson.
RPP ini merupakan program KPU RI secara nasional tahun 2018 yang dimulai dari tahun 2015, salah satunya medapat jatah program tahun ini, KPU Gumas.
Dalam RPP ini tersedia ruang ada empat bagian meskipun masih sangat terbatas ada ruang untuk audio visual, kemudian ada ruang untuk display, kemudian ruang simulasi dan ruang untuk diskusi.
RPP ini kami namakan Betang Demokrasi artinya melambangkan pilosofi betang itu adalah sebuah rumah dimana terjadi proses demokrasi itu sendiri dan memberikan nilai positif bagi pembangunan kehidupan berdemokrasi di Kabupaten Gumas,” ungkapnya.
Bupati Gumas Drs. Arton S. Dohong dalam sambutannya, mengucapkan terimakasih dan menyambut dengan baik kepada KPU Kabupaten Gumas yang sudah menyiapkan rumah pintar pemilu ini, semoga ke depan bermanfaat bagi masyarakat termasuk partai politik Kabupaten Gumas.
“Kepada seluruh masyarakat serta partai politik yang ada di Kabupaten Gumas mari kita bersama-sama memberikan pemahaman kepada seluruh warga masyarakat agar bias menjalankan hak pilih, juga sekaligus sebagai kewajiban sebagai warga Negara untuk memilih menurut warga masyarakat yang baik dan tepat untuk menjadi pemimpin masa depan,” ujarnya.
Dengan adanya fasilitas ini tentunya masyarakat dapat memanfaatkannya untuk menimba pengetahuan lebih jauh tentang pemilu. Selain itu juga nantinya output dari sarana dan prasarana ini dapat meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pemilu.
“Ke depan kita berharap dengan ada rumah pintar pemilu ini masyarakat dapat belajar meniba ilmu pengetahuan tentang kepemiluan dan meningkatkan partisipasi dalam pemilu tahun 2019 mendatang,” pungkasnya.
Ketua KPU Provinsi Kalteng H. Harmain Ibrohim, M.PD.I mengucapkan terimakasih kepada KPU Kabupaten Gunas yang sudah menyediakan rumah pintar pemilu.
RPP ini dari program KPU RI sejak tahun 2015, untuk Kabupaten Gumas yang ke tiga belas yang kita resmikan, terakhir pada tanggal 31 Desember 2018 kita resmikan di KPU Kapuas, seluruh KPU Kabupaten Kota di Kalteng sudah memiliki rumah pintar pemilu.(Dayak News/AI/BBU).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.