DISKOMINFOSANTIK GUMAS LAKSANAKAN PELATIHAN PENINGKATAN SDM PENYELENGGARA STATISTIK SEKTORAL

oleh -5 views
DISKOMINFOSANTIK GUMAS LAKSANAKAN PELATIHAN PENINGKATAN SDM PENYELENGGARA STATISTIK SEKTORAL 1
Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik (Diskominfo Santik) Kabupaten Gunung Mas (Gumas) melaksanakan Pelatihan Peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) Penyelenggara Statistik Sektoral.

Kuala Kurun (Dayak News) Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik (Diskominfo Santik) Kabupaten Gunung Mas (Gumas) melaksanakan Pelatihan Peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) Penyelenggara Statistik Sektoral. di aula Bappedalitbang kabupaten setempat, 15-16 Maret 2021.

Kegiatan ini diikuti oleh pejabat pengelola data sektoral atau pejabat yang membuat kompilasi produk adminstrasi dan survei statistik sektoral pada perangkat daerah di lingkungan Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Gumas.

Kepala Diskominfo Santik Kabupaten Gumas Ruby Haris mengatakan ketersediaan data statistik sektoral sangatlah dibutuhkan dalam memberikan informasi bagi perencanaan pembangunan maupun evaluasi atas pelaksanaan pembangunan yang telah dilaksanakan
oleh pemerintah daerah.

DISKOMINFOSANTIK GUMAS LAKSANAKAN PELATIHAN PENINGKATAN SDM PENYELENGGARA STATISTIK SEKTORAL 2

“Maksud dan tujuan pelatihan tersebut adalah untuk menambah pengetahuan dan pemahaman peserta mengenai tata cara pengisian Formulir Pemberitahuan Kompilasi Produk Adminstrasi (FP-KPA) dan Tata Cara Pengisian Formulir Pemberitahuan Survei Statistik Sektoral (FS3) untuk mendapatkan rekomendasi dari Badan Pusat Statistik (BPS),” ujarnya.

“Yang menjadi pelatih dalam kegiatan ini adalah pegawai dari BPS Kabupaten Gumas,” ujar Ruby Haris.

Sekertaris Daerah Yansiterson yang diwakili oleh Asisten Adminstrasi Umum Untung menjelaskan sesuai dengan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2016 Tentang Perangkat Daerah, Mekanisme kerja statistik sektoral di daerah adalah Seksi/Bidang/Dinas Statistik.

Dia menjelaskan Seksi/Bidang/Dinas Statistik merupakan walidata yang melaksanakan kegiatan pengumpulan pemeriksaan dan pengelolaan data yang disampaikan oleh produsen data, serta menyebarluaskan data.

Jadi Bidang Statistik di Diskominfo Santik bertindak sebagai walidata di lingkungan Pemkab Gumas.

Acara tersebut menerapkan protokol Kesehatan 3M Yaitu Menjaga jarak, memakai masker dan mencuci tangan. (AI/Den)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *